Sukses

Menkes Tegaskan Indonesia Siap Singkirkan TBC di 2030

Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek menegaskan kembali komitmen pemerintah Indonesia untuk eliminasi TBC pada tahun 2030.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia telah menetapkan pencegahan dan pengendalian TBC sebagai prioritas. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek pada pertemuan End TB Summit dan SEARO High Level Leadership Meeting (HLLM) di New Delhi India, 13-14 Maret 2018.

“Presiden memiliki komitmen politik yang kuat untuk eliminasi TBC pada tahun 2030 dan komitmen ini telah mendorong pendekatan multisektor," ujar Nila. Hal tersebut merupakan fondasi yang sangat penting dalam menyukseskan target eliminasi TBC di Indonesia pada tahun 2030.

Komitmen pemerintah telah diwujudkan dalam aksi nyata. Pemerintah telah menyediakan pendanaan penuh untuk eliminasi TBC. Penguatan jejaring layanan pemerintah dan swasta berbasis kabupaten juga dikuatkan. Layanan ini juga diwajibkan melaporkan kasus TB.

Dilaksanakan juga pendekatan keluarga dan masyarakat, pembentukan strategi kemitraan masyarakat dan swasta di daerah, pencarian aktif pasien TBC, serta pengembangan inovasi penelitian dan pengembangan kebijakan TBC. Mengutip situs Kemlu.go.id, Rabu (14/3/2018).

Saksikan juga video menarik berikut: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.