10 Makanan Penurun Kolesterol yang Patut Dicoba

Oleh Doddy Irawan pada 14 Mar 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 14 Mar 2018, 10:00 WIB
Alpukat
Perbesar
Ilustrasi alpukat (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol pasti terdapat di setiap sel tubuh manusia, baik itu kolesterol baik maupun jahat.  Ada yang namanya LDL (low-density lipoprotein atau Hkolesterol baik) dan HDL (high-density lipoprotein atau kolesterol jahat). 

Fungsi kolesterol sebenarnya mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D. Namun, jika jumlah LDL dalam darah tinggi, atau populer disebut hiperkolesterolemia, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung.

Untuk mencegah kolesterol tinggi, Anda harus perbanyak konsumsi makanan berikut, dilansir dari Boldsky, Selasa (13/3/2018).

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan menu sarapan populer yang tak hanya mengenyangkan, namun juga mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam aliran darah sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Kacang kedelai

Mereka yang memiliki kolesterol tinggi disarankan untuk makan kedelai. Sebab kacang-kacangan ini mengandung asam lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat berkualitas tinggi yang bagus untuk mengusir kolesterol jahat.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

2 dari 4 halaman

3. Teh hijau

Ilustrasi Teh Hijau
Perbesar
Ilustrasi Teh Hijau (iStockphoto)

Teh hijau adalah minuman sehat yang terbukti bermanfaat menyerap kolesterol jahat di saluran pencernaan dan mencegah penumpukan plak di arteri.

4. Jus jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa jus jeruk alami berguna untuk memperbaiki keadaan lipid darah pada mereka yang mengidap kolesterol tinggi. Sebab, jeruk mengandung vitamin C, folat, dan flavonoid di dalamnya.

3 dari 4 halaman

5. Alpukat

Buah Alpukat
Perbesar
Ilustrasi Buah Alpukat (iStockphoto)

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh. Buah hijau segar ini juga kaya akan vitamin B kompleks, vitamin K, dan beberapa mineral lain yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.

6. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3, disebut dengan EPA dan DHA, yang berguna untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik. Konsumsilah setidaknya dua porsi salmon setiap minggu untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Kacang almond

Kacang almond dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Penelitian mencatat, konsumsi kacang almond setiap hari bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat 3 persen hingga 19 persen.

minyak almond dan minyak zaitun
Perbesar
Kedua minyak ini diketahui sama-sama mempunyai khasiat yang baik untuk kulit apalagi di dunia kecantikan. (foto: Istockphoto)
4 dari 4 halaman

8. Bawang putih

Bawang putih (Foto: iStockphoto)
Perbesar
Bawang putih (Foto: iStockphoto)

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi jantung dari kontaminasi kolesterol jahat.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Menambahkan minyak zaitun dalam makanan bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan kolesterol.

10. Cokelat hitam

Makan cokelat hitam bisa menjadi cara menyenangkan untuk menurunkan kolesterol. Cokelat ini mengandung teobromina yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik.

Cokelat
Perbesar
Ilustrasi cokelat (iStockphoto)
Lanjutkan Membaca ↓