Sukses

Kerokan Pakai Bawang Merah, Bisa Redakan Demam Anak?

Cek kata dokter spesialis anak tentang kebiasaan orangtua yang sering mengerok anak pakai bawang merah saat demam.

Liputan6.com, Jakarta Kerokan pakai bawang merah masih dilakukan oleh beberapa orangtua saat anak demam. Mereka meyakini, anak akan cepat sembuh bila dikerok menggunakan bawang merah yang diolesi minyak telon atau baby oil.

Menurut dokter spesialis anak Meta Hanindita, bawang merah memiliki efek melebarkan pembuluh darah atau vasoliditasi. Efek tersebut bisa jadi menurunkan suhu tubuh anak yang demam.

"Tapi perlu diingat bahwa bawang merah ini bisa bersifat iritatif di kulit. Apalagi kulit anak-anak masih sensitif," kata Meta saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (12/3/2018).

Dokter yang juga aktif menulis buku tentang tumbuh kembang anak ini juga mengingatkan orangtua, prinsip dasar merawat anak yang demam adalah membuatnya nyaman. Aroma bawang merah kerap membuat banyak anak tidak nyaman.

"Nyelekit gitu kan baunya (bawang merah)," kata Meta.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara ilmiah atasi demam pada anak

Demam merupakan reaksi normal tubuh untuk melawan kuman. Pada saat demam suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celcius karena berusaha mengusir bakteri jahat.

Secara ilmiah, ada beberapa cara yang terbukti bisa menurunkan suhu tubuh anak yang demam. Salah satunya bikin anak merasa nyaman, dengan memakaikan baju yang longgar, berbahan lembut, dan menyerap keringat.

"Berikan cairan lebih, kompres dan berikan obat penurun panas," kata Meta.

Jika demam tak membaik setelah tiga hari, tidak mau minum sama sekali, demam di atas 40 derajat Celcius, sangat lemah, dan kejang, harus segera ke dokter. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.