Sukses

Canggih, Obat Tetes Ini Bisa Gantikan Peran Kacamata

Obat tetes mata revolusioner ini katanya bisa menyembuhkan kornea yang rusak dan memperbaiki penglihatan, menggantikan peran kacamata.

Liputan6.com, Jakarta Telah ditemukan obat tetes mata jenis baru. Obat tetes mata revolusioner ini katanya bisa menyembuhkan kornea yang rusak dan memperbaiki penglihatan baik itu bermasalah dalam jarak pandang pendek ataupun jauh. Alhasil, kacamata tak akan dibutuhkan lagi.

Para ilmuwan di Institute of Nanotechnology and Advanced Materials, Bar-Ilan University, di Tel Aviv, Israel, yang telah menciptakan beberapa tetes mata revolusioner tersebut.

Nanodrops ini baru konsep untuk memperbaiki masalah refraktori, yang dikembangkan dokter mata Dr. David Smadja dan tim ilmuwan dari Shaare Zedek Medical Center dan Bar-Ilan University. Peneliti telah mengujinya pada babi dengan kornea yang rusak.

Dalam sebuah presentasi baru-baru ini, Smadja mengatakan obat tetes mata ini bisa memperbaiki kornea babi, menghasilkan perbaikan baik dalam jarak pandang dalam waktu pendek maupun lama.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak fungsi

Untuk uji klinis pada manusia baru dijadwalkan dimulai akhir tahun ini, dan periset yang bertanggung jawab atas proyek tersebut yakin bahwa solusi nanopartikel dapat menghilangkan kebutuhan kacamata.

Dr. Smadja mengatakan, Nanodrops tidak hanya bisa merevolusi perawatan oftalmologis dan optometri pasien rabun dekat, rabun jauh, dan kondisi refraktori lainnya, tapi juga mengganti lensa multifokal, yang memungkinkan orang melihat benda dari berbagai jarak seperti dilansir Odditycentral, Minggu (11/3/2018).

Tidak jelas berapa banyak nanodrops ini yang diperlukan untuk memperbaiki kornea sampai pada titik kacamata tidak lagi diperlukan, atau yang terpenting, berapa biaya pengobatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.