Sukses

Tidur Siang yang Bermanfaat Baiknya 20 atau 45 Menit?

Usai makan sekitar pukul 14 atau 15 seseorang merasa mengantuk dan memilih tidur siang. Namun, ada aturan lama tidur siang yang memberi manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Tidur siang pada orang dewasa tidak disarankan terlalu lama. Pakar menyarankan tidur siang tidak lebih dari 20 menit. Terlalu singkat?

"Anda bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang antara 15-20 menit," kata dokter mendalami tidur yang juga penulis Take a Nap! Change Your Life, Sara Mednick.

Tidur siang 20 menit terbukti membantu meningkatkan kerja otak. Waktu tidur ini baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan motorik. Selain itu, kata Sara, energi juga ikut terdongkrak usai tidur sebentar seperti mengutip Web MD, Rabu (7/3/2018).

Jika tidur siang sampai 30-60 menit, membuat seseorang mencapai fase tidur yang dalam. Hal ini membuat gelombang otak melambat lalu saat bangun tidur merasa pusing.

Aspek lain kenapa tidak disarankan tidur siang terlalu lama karena bisa memengaruhi ritme tidur di malam hari. Tidur siang lebih dari sejam bisa membuat seseorang jadi sulit tidur.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minum kopi versus tidur siang

Sebagian orang yang merasa lelah dan ngantuk memilih minum kopi. Biasanya dilakukan tak lama ketika rasa kantuk mendera usai makan siang. Lalu, lebih baik mana untuk mengatasi kantuk: minum kopi atau tidur siang?

"Tidur siang, karena kafein bisa menurunkan performa memori. Jadi, mungkin Anda merasa bisa bekerja, tapi cenderung membuat banyak kesalahan," kata Sara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.