Sukses

Awas, Cek Ponsel Saat Makan Malam Bisa Pudarkan Kebahagiaan

Penggunaan ponsel ternyata pengaruhi waktu Anda habiskan makan malam bersama dengan teman

Liputan6.com, Jakarta Ponsel pintar memang digunakan untuk terhubung dengan orang saat jauh. Namun, ini bukan hal yang bagus untuk dibawa ke meja makan.

Sebuah studi menyatakan, orang yang menggunakan perangkat ponsel saat makan malam, kurang menyadari kebersamaan ketimbang mereka yang tidak.

Dilansir dari Tech Times, Rabu (7/3/2018), penelitian ini dilakukan oleh Ryan Dwyer dari University of British Columbia, Kanada bersama dengan rekan-rekannya. Dia melihat efek ponsel pintar terhadap interaksi tatap muka, pada lebih dari 300 orang yang makan malam, bersama teman dan keluarga di sebuah restoran.

Setelah makan, para peserta diberikan beberapa pertanyaan. Termasuk seberapa besar mereka menikmati pengalaman makan tersebut.

Dwyer menemukan, mereka yang menggunakan ponsel pintar saat makan, merasa terganggu. Ini juga mempengaruhi kesenangan mereka, yang seharusnya dihabiskan bersama teman dan keluarga mereka.

"Kami menemukan, orang lebih sedikit menikmati waktu makan mereka bersama teman-teman saat memakai ponsel, ketimbang mereka yang menyingkirkannya jauh-jauh," kata penelitian tersebut.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merasa Bosan

Tidak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa orang yang memakai ponsel saat makan malam, malah merasa lebih bosan selama makan malam.

"Kami sudah melihat bahwa orang akan lebih bosan jika mereka punya akses ke ponsel pintarnya. Ini karena mereka bisa menghibur diri mereka sendiri, apabila ada kebosanan dalam pembicaraan," kata Dwyer.

Adapun, penelitian ini bukan pertama kalinya yang dilakukan. Beberapa penelitian sebelumnya mengatakan adanya dampak penggunaan ponsel pintar saat makan malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.