Sukses

Lawan Keringat Berlebih dengan 5 Obat Herbal Ini

Keringat berlebih sering menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Dengan menggunakan lima obat herbal yang akan dibahas berikut ini, Anda dapat melawan masalah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Keringat dapat menunjukkan kondisi kesehatan seseorang. Artinya, ketika berkeringat, hal tersebut menandakan bahwa tubuh Anda dalam kondisi sehat. Namun, jika sekresi keringat berlebih, Anda pun pasti tidak akan merasa nyaman. Selain keringat menempel di pakaian, Anda pun pasti akan mengalami bau badan yang tidak sedap.

Mengutip dari Step to Health, Senin (5/3/2018), biasanya untuk mengatasi hal tersebut, Anda menggunakan produk antiperspiran dan deodoran. Namun ternyata, ada beberapa obat herbal yang dapat digunakan untuk melawan keringat berlebih. Berikut ulasannya.

1. Teh hijau

Tak hanya menyegarkan, teh hijau ternyata merupakan salah satu obat herbal terbaik untuk mengatasi masalah pada keringat berlebih. Kandungan tanin dan asam organik pada teh hijau berperan sebagai zat alami yang dapat menghambat laju sekresi keringat.

Untuk menggunakannya, Anda dapat menggunakan air rebusan teh hijau untuk mencuci ketiak, tangan, dan beberapa bagian yang cenderung mengeluarkan keringat berlebih. Cara ini aman dilakukan setiap hari.

2. Daun Kenari

Salah satu obat herbal alternatif ini memiliki khasiat antiperspiran dan deodoran untuk membantu kulit tetap segar untuk menghindari keringat dan bau badan berlebih. Anda dapat merebus daun kenari dan menggunakan cairannya untuk mengoleskan pada bagian-bagian yang mengeluarkan keringat berlebih.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Minyak kelapa dan kapur barus

Kedua bahan herbal ini jika dicampurkan, akan menjadi salah satu formula ampuh atasi masalah keringat berlebih. Kekuatan antimikroba pada minyak kelapa dapat mencegah pertumbuhan bakteri di daerah yang mengeluarkan banyak keringat.

Selain itu, kapur barus pun dapat memberi efek deodoran dan antiprespiran yang kuat pada bagian yang mengeluarkan keringat berlebih. Hal ini dapat melindungi kulit dari bau. Anda dapat mengoleskan obat tersebut pada area yang berkeringat tanpa membilasnya.

4. Garam dan lemon

Campuran kedua bahan herbal ini disebut sebagai obat astringen yang dapat mengurangi sekresi cairan di tangan dan ketiak. Efek pengelupasannya dapat menghilangkan sel kulit mati dan bakteri. Hal inilah yang akan menghilangkan bau badan pada tubuh ketika tubuh berkeringat.

Anda dapat menyampurkan garam dengan air perasan lemon hingga berbentuk seperti pasta berbutir. Setelah itu, gosokkan pasta tersebut pada area yang berkeringat dan biarkan lima menit. Setelah itu, bilas dengan air dan hindarkan kulit dari paparan sinar matahari langsung.

5. Lidah buaya dan baking soda

Campuran antara lidah buaya dan baking soda dipercaya dapat mendinginkan kulit dan menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau tak sedap karena keringat berlebih.

Untuk menggunakannya, Anda dapat menyampurkan gel lidah buaya dan baking soda, dan menggosokkannya pada area ketiak, kaki, dan tempat lain yang mengalami keringat berlebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.