Sukses

KPAI Segera Laporkan SMAN I Semarang Terkait Pengeluaran Sepihak 2 Siswa

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan berkirim surat untuk meminta kejelasan kronologis terkait Anin dan Afif yang dikeluarkan dari sekolah.

 

Liputan6.com, Jakarta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima pengaduan atas kasus pemecatan sepihak dua siswa SMAN 1 Semarang, Anin dan Afif, yang diduga melakukan tindakan kekerasan fisik terhadap juniornya saat kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada November 2017.

Dugaan kekerasan tersebut terungkap dari video yang ada di ponsel siswa lainnya saat sekolah melakukan razia ponsel. Video LDK SMAN 1 Semarang menayangkan, Anin sedang menampar seorang juniornya. Hal yang terjadi sebenarnya, Anin dan juniornya sedang beradu argumentasi.

"Nah, junior itu yang meminta untuk ditampar. Ingat ya, ini pendisiplinan dan kami menawarkan sanksi apa, dia yang minta. Akhirnya, saya pura-pura menampar, padahal cuma saya puk-puk (red:dipsentuh pelan). Juga junior itu tidak merasa sakit," kata Anin.

Adanya video itu membuat Anin dan Afif, sesama pengurus OSIS yang berada di dalam video itu, dipecat (dikeluarkan) pihak sekolah.

"Pemecatan tersebut dinilai janggal, tidak sesuai prosedur, dan mengakibatkan anak kehilangan hak atas pendidikan di SMAN 1 Semarang. Kami menerima pengaduan ini pada Rabu sore, 28 Februari 2018," ungkap Komisoner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti melalui rilis yang diterima Health Liputan6.com Kamis (1/3/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkirim Surat

KPAI akan segera bersurat kepada Gubenur dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk meminta penjelasan soal prosedur mengeluarkan siswa.

"Apakah keputusan itu sesuai dengan tata tertib sekolah dan sejalan dengan SOP dalam mengeluarkan siswa pelanggar tata tertib sekolah. Kami juga meminta penjelasan, pertimbangan apa yang digunakan sekolah dalam mengeluarkan dua siswa di saat sudah kelas XII," lanjut Retno.

Pemecatan dua siswa dinilai janggal. Padahal, hanya tinggal dua bulan lagi kedua anak, yang sekarang duduk di kelas XII, menempuh ujian akhir sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.