Sukses

Orangtua Harus Tahu Tanda Si Kecil Terserang Kutu

Para orang tua, kenali tujuh tanda anak terserang kutu yang akan dibahas berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua anak akan menceritakan apa yang terjadi padanya, termasuk saat terserang kutu. Hal ini kerap luput dari perhatian orangtua. Meski menurut para ahli, kutu tidak berbahaya, tapi hal ini kerap mengganggu anak dalam beraktivitas.

Mengutip dari Reader Digest, Rabu (28/2/2018), berikut adalah tujuh tanda yang menunjukkan anak Anda terserang kutu.

1. Mendapat surat peringatan dari sekolah

Beberapa sekolah atau tempat penitipan anak akan melakukan hal ini jika siswanya terserang kutu di kepalanya. Hal ini karena kutu dapat menular dengan kontak kepala.

Seperti kita ketahui bersama bahwa anak bebas bermain dengan siapa saja dan kontak kepala yang memicu penularan atau pemindahan kutu terjadi.

Untuk mencegahnya, Anda dapat meminta mereka untuk menggunakan topi saat bermain dan hindari menyentuh kepala orang lain.

2. Menggaruk kepala terus-menerus

Salah satu gejala yang paling jelas tampak adalah kulit kepala terasa gatal. Hal ini karena hasil reaksi alergi terhadap air liur kutu yang umum terjadi pada area kepala, leher, dan telinga.

Selain rasa gatal, anak umumnya akan memberitahukan pada orang tua mereka bahwa ada sesuatu yang bergerak di kepala. Hal ini terjadi karena serangga kecil tersebut bergerak menembus rambut mereka.

3. Sulit tidur

Kutu pada kepala sangat aktif ketika malam hari. Artinya, hal ini akan membuat anak merasa gatal luar biasa ketika malam hari, sehingga mereka akan kesulitan untuk tidur.

Kesulitan tidur pada anak dapat membuatnya menjadi mudah marah. Jika Anda melihat gejala ini, segera periksa kulit kepalanya dan berikan minyak esensial yang dapat membantu menyingkirkan kutu.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa tandanya jika ketombe tak kunjung hilang?

4. Ketombe yang tak kunjung hilang

Ketombe yang muncul pada anak sangat mungkin dihasilkan dari kutu telur. Salah satu jenis kutu ini berbentuk oval dan berwarna kuning atau putih. Jika kutu telur ini sudah berdiam di kulit kepala buah hati Anda, akan sangat sulit untuk mengeluarkannya.

Oleh sebab itu, jika sang buah hati mengeluhkan kulit kepala yang gatal karena ketombe, carilah obat rumahan yang dapat mengatasinya guna membersihkannya dengan cepat.

5. Benjolan merah kecil di leher mereka

Salah satu gejala yang ditimbulkan dari kutu kepala lainnya yaitu tanda-tanda iritasi di sekitar leher, kulit kepala, telinga, dan bahu. Benjolan merah ini menandakan goresan kutu yang intens, dan mengakibatkan infeksi. Jika melihat tanda-tanda ini, segera lakukan perawatan standar terkait rambut pada buah hati Anda.

 

3 dari 3 halaman

Kutu akan menempel pada sisir

6. Kelenjar getah bening yang membengkak

Jika dibiarkan, kutu dapat membawa dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Kelenjar getah bening pada bagian belakang telinga anak Anda akan tampak bengkak dan lembut. Jika terjadi hal ini, segera konsultasikan dengan dokter karena buah hati Anda membutuhkan antibiotik.

7. Melihat bukti fisiknya

Jika Anda melihat anak mengalami tanda-tanda yang ditunjukkan sebelumnya, segera ambil sisir bergigi sangat halus dan basahi rambut dengan air. Lalu sisir rambutnya dari kulit kepala hingga ke ujungnya. Anda mungkin akan membutuhkan kaca pembesar untuk melihat kutu yang menempel di sisir.

Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu menghubungi dokter untuk meminta petunjuk pemberian obat guna mengatasi infeksi yang dialaminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.