Sukses

5 Hal Ini Pacu Anda Jadi Lebih Produktif dan Tak Makan Waktu Lama

Beberapa tips produktif ini tidak akan habiskan banyak waktu dan tidak ganggu pekerjaan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Merasa diri tidak produktif? Dilansir dari Prevention, Rabu (28/2/2018), beberapa hal sederhana ini bisa Anda lakukan untuk lebih produktif. Mengerjakannya bahkan tidak memakan waktu lama.

1. Memutar Musik Yang Tepat

Musik yang tepat seseuai dengan suasana kerja ternyata mampu membuat Anda lebih produktif. Penelitian tahun 2016 menyatakan, peserta yang mendengarkan musik gembira, cenderung lebih mampu untuk bekerja sama dengan rekan kerja dan memiliki mood yang lebih baik.

Sementara, mereka yang mendengarkan musik heavy metal dalam penelitian ini malah tidak bahagia. Ini juga membuat mereka sulit untuk bekerja sama ketimbang mereka yang sama sekali tidak mendengarkan musik.

Menurut Kevin Kniffin, PhD, salah satu yang melakukan studi ini menyatakan, musik menyenangkan bisa menggantikan pelatihan team-building seperti yang dilakukan beberapa perusahaan. Ini membuktikan bahwa musik mampu membuat seseorang jadi lebih produktif.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lampu Meja dan Daftar Tugas

2. Meletakkan Lampu Meja

Apabila pekerjaan Anda membutuhkan lampu meja, maka lampu fluorescent disarankan untuk Anda. Para periset di Jepang menguji konsentrasi beberapa peserta terkait pengaturan cahaya.

Ditemukan bahwa, pencahayaan yang sesuai dengan lingkungan (seperti lampu lantai atau meja), meningkatkan konsentrasi sebesar 5 persen.

3. Mengisi Daftar Tugas Anda

Peneliti dari Columbia University, Amerika Serikat menemukan, mereka yang sibuk lebih termotivasi dalam menyelesaikan tugas. Terutama ketika mereka memiliki tenggat waktu. Sementara, mereka yang tidak sibuk membiarkan tenggat waktu berlalu.

Luangkan beberapa menit di awal setiap hari, untuk membuat dan mengisi daftar tugas Anda. Ini akan membuat Anda bisa lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas yang lebih banyak.

 

3 dari 3 halaman

Pakai Jaket dan Letakkan Tanaman

4. Pakai Jaket di Kantor

Rasa dingin di kantor memang tidak nyaman. Membawa jaket sepertinya menjadi pilihan untuk Anda yang tidak nyaman dengan pendingin udara di kantor.

Sebuah riset di Jepang menemukan, mereka yang tidak puas dengan suhu udara cenderung tidak menyelesaikan tugas ketimbang mereka yang merasa nyaman.

Jadi, lebih baik membawa jaket daripada Anda harus menggigil dan tidak fokus pada pekerjaan Anda di kantor.

5. Meletakkan Tanaman Meja

Terlalu lama di kantor tanpa tanaman hijau kadang membosankan. Meletakkan sebuah tanaman kecil di meja bisa membuat Anda lebih produktif.

Peneliti di Michigan, Amerika Serikat menemukan bahwa suasana alam membuat orang lebih fokus. Namun, mereka juga mengatakan, hanya dengan melihat gambarnya saja sudah bisa membantu orang untuk lebih baik dalam bekerja.

Untuk itu, letakkan tanaman kecil di meja kerja Anda, atau atur gambar di komputer dengan gambar pemandangan yang indah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.