Sukses

Cek Tekanan Darah Sendiri Paling Baik di Pagi Hari, Kenapa?

Agar hasil pengecekan tekanan darah sendiri tepat, ada aturan yang perlu diperhatikan. Salah satunya waktu pengecekan.

Liputan6.com, Jakarta Kita bisa melakukan cek tekanan darah sendiri di rumah menggunakan alat pengecek tekanan darah. Agar hasil pengecekan tekanan darah tepat ada aturan yang perlu diperhatikan.

Ketua Indonesian Society of Hypertension, Yuda Turana, menjelaskan waktu terbaik cek tekanan darah itu di pagi hari. Kenapa?

"Pengukuran (tekanan darah) di pagi lebih baik daripada sore. Ya, walaupun dianjurkan dua kali, pagi dan sore atau malam. Kalau pagi, tubuh masih segar, sedangkan sore hari, Anda sudah banyak melakukan aktivitas," jelas Yuda dalam konferensi pers "The 12th Annual Scientific Meeting of Indonesian Society of Hypertension" di kantor InaSH, Jakarta, ditulis (23/2/2018).

Bila cek tensi dilakukan sore hari bisa menghasilkan tekanan darah yang bias alias bukan tekanan darah yang sebenarnya. Hal ini bisa dipengaruhi faktor lingkungan dan aktivitas yang memicu hipertensi.

Sebenarnya bisa saja, kata Yuda, orang yang bersangkutan tekanan darahnya normal tapi karena pengaruh lingkungan jadi tinggi.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aturan cek tekanan darah

Melakukan cek tekanan darah di pagi hari tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada aturan yang sebaiknya dilakukan agar memperoleh hasil yang tidak bias.

"Mengukur tekanan darah di pagi hari sebaiknya satu jam setelah bangun tidur. Pengukurannya (tekanan darah) juga dilakukan sebelum sarapan," tambahnya.

Bila cek tekanan darah dilakukan pada malam hari juga ada aturannya. "Kalau malam hari, pengukuran tekanan darahnya dilakukan sebelum tidur," lanjut Yuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini