Sukses

Rasa Bawang Putih Akan Berkurang Ketika Dipanggang, Apa Iya?

Konsumsi bawang putih yang dipanggang kabarnya membawa beraneka ragam manfaat bagi kesehatan. Namun, apakah rasanya akan berkurang? berikut penjelasan pakar

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih disebut-sebut punya banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis bumbu dapur ini dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker, dan melancarkan peredaran darah. Apalagi, jika bawang putih dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Namun, jika bawang putih diolah, seperti dipanggang, apakah manfaatnya bagi kesehatan berkurang? Konsultan Herbal, Dr. Prapti Utami, mengatakan bawang putih yang diolah tidak akan berpengaruh pada kesehatan. Meski demikian, rasa pada bawang akan berkurang jika dipanggang.

"Rasa pedasnya akan berkurang. Selain itu, bawang putih yang dipanggang akan mengurangi kadar air di dalamnya," jelas Utami saat diwawancarai Health Liputan6.com, Kamis (22/2/2018).

Utami mengakui meski bawang putih diyakini aman konsumsi jika dipanggang, namun dirinya tidak memahami aturan terkait pengonsumsiannya. Dia tidak berani mengklaim terkait reaksi bawang putih bagi tubuh dalam hitungan jam.

"Saya belum pernah menemukan riset terkait bawang putih tersebut. Maka saya tidak berani mengklaim," ungkap Utami.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawang putih fermentasi lebih enak

Utami mengungkapkan selain dipanggang, pengolahan bawang putih lainnya yaitu difermentasi. Dia menjelaskan bawang putih yang direndam dalam madu selama tiga hingga empat minggu akan menciptakan cita rasa yang berbeda.

Bawang putih yang difementasi dengan cara tersebut, menurutnya, dapat menambah khasiat yang terkandung di dalamnya.

"Lebih sedap dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh," tutup Utami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.