Sukses

Hati-Hati, Perut Kembung Bisa Jadi Gejala Kanker Ovarium

Wanita yang mengalami perut kembung secara terus-menerus sebaiknya mulai berhati-hati dan periksa ke dokter. Bisa jadi itu adalah gejala kanker ovarium.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering mengalami perut kembung. Umumnya, Anda akan beranggapan bahwa perut kembung disebabkan oleh masuk angin. Namun, bagi wanita, siapa sangka perut kembung ternyata dapat menjadi suatu tanda munculnya penyakit serius, yaitu kanker ovarium.

Dilansir Express, Rabu (21/2/2018), sebuah survei yang dilakukan oleh Target Ovarian Center pada 1.142 wanita di Inggris, menemukan 50 persen di antaranya mengganti makanan jika mengalami perut kembung. Mereka akan mengurangi konsumsi susu dan menggantinya dengan yogurt probiotik.

Hal yang berbeda ditunjukkan oleh 34 persen wanita di Inggris pada survei tersebut yang langsung mengunjungi dokter ketika mengalami perut kembung yang tidak biasa, dan beberapa di antaranya terdiagnosis mengalami kanker ovarium. Hal ini menunjukkan terjadinya kesenjangan kesadaran akan gejala penyakit ini.

Berdassarkan penelitian tersebut, dua pertiga wanita di Inggris yang mengalami perut kembung tidak terdiagnosis sampai penyakit mematikan tersebut menyebar, sehingga sulit untuk diobati.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wanita yang alami perut kembung sebaiknya segera periksa ke dokter

Kepala eksekutif Target Ovarian Center, Annwen Jones, menyarankan para wanita untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami perut kembung terus-menerus.

"Jika wanita menyadari gejala kanker ovarium seperti kembung secara terus-menerus, dan memeriksakannya sejak dini, kehidupan akan bisa diselamatkan," ungkap Jones, mengutip Express, Rabu (21/2/2018).

Gejala lain dari kanker ovarium yang akan dirasakan yakni nyeri panggul, kehilangan nafsu makan, dan mudah mengantuk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.