Ciptakan Keteraturan dalam Bekerja dengan 10 Tips Sederhana Ini

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 20 Feb 2018, 14:30 WIB
Tips bekerja

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang pekerja memang membuat stres. Salah satu penyebab stres, bisa jadi karena tidak adanya keteraturan dalam cara bekerja Anda.

Dilansir dari Buzzfeed, Selasa (20/2/2018), Jonny Jackson dan Elias Larsen membagikan tips agar cara bekerja tidak membuat stres dan membuat hidup jadi lebih seimbang.

1. Atur Hidup Anda mulai dari 10 Menit Sebelum Bekerja

Anda bisa mulai dengan membuka semua pesan dan memilahnya. Simpan yang penting dan buang hal-hal yang sudah tidak berguna. Selain itu, apabila Anda punya kepentingan lain, hubungi mereka di pagi hari.

Anda juga bisa memutar lagu favorit Anda, sembari merapikan tempat kerja. Bekerja di lingkungan yang teratur sambil mendengarkan musik membuat pekerjaan jadi lebih menyenangkan.

2. Batasi Penggunaan Media

Apabila Anda berita yang Anda tonton atau baca membuat hidup Anda menjadi tidak produktif, saatnya membatasi konsumsi media Anda. Sebelum tidur malam, nikmati sebuah buku atau berdialog dengan teman Anda lewat telepon, atau berbincang dengan pasangan juga lebih baik.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 of 5

Atur Jadwal dan Percaya Diri

stres
Ilustrasi stres (iStockphoto)

3. Atur Jadwal

Mengatur hidup berarti melakukan perencanaan untuk hidup Anda ke depan. Termasuk hal-hal sederhana seperti pakaian. Malam sebelum hari kerja, siapkan pakaian untuk esok hari.

Jika Anda punya kamar mandi bersama, aturlah penggunaannya agar tidak berebut dan menghabiskan waktu. Catat juga jadwal pertemuan di buku atau kalender.

4. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain

Jangan percaya bahwa dengan meniru orang lain Anda akan lebih bahagia. Cobalah jadi diri sendiri dan buatlah diri Anda jadi lebih baik lagi.

Lihat dalam diri Anda apa yang bisa diperbuat untuk jadi lebih baik. Tetaplah percaya pada diri Anda sendiri. Itu akan mampu membuat Anda lebih menghargai diri sendiri.

 

3 of 5

Sederhanakan Hidup Anda

stres
Ilustrasi stres (iStockphoto)

5. Sederhanakan cara berkomunikasi

Buat seefektif mungkin cara berkomunikasi dengan orang lain. Cari tahu apakah Anda harus bertemu seseorang untuk membahas suatu hal, atau cukup dengan telpon saja. Selalu ringkas dan jelas ketika meminta seseorang untuk bertemu dengan Anda.

Apabila Anda harus berurusan dengan orang yang bermasalah, atasi masalah Anda dengannya.

6. Buat pekerjaan Anda jadi lebih sederhana

Buat daftar apa saja yang harus dipenuhi. Beberapa mungkin takut untuk menolak suatu pekerjaan, namun lebih baik fokus ke dalam satu pekerjaan dan mengerjakannya dengan baik. Ini juga akan mengurangi tingkat stres Anda.

 

4 of 5

Pikirkan dan Lakukan

Kiat Jitu Tetap Tenang saat Semua Orang Alami Stres (Kanvals Grinvalds/ Shutterstock)
Kiat Jitu Tetap Tenang saat Semua Orang Alami Stres (Kanvals Grinvalds/ Shutterstock)

7. Tantang diri Anda sendiri

Butuh bertahun-tahun untuk menguasai berbagai hal dalam pekerjaan Anda. Namun, bila Anda menantang diri untuk mencoba hal-hal tersebut, ini bisa membuat Anda lebih bahagia. Menurut beberapa psikolog, kepuasan sejati bisa ditemukan dengan cara seperti ini.

8. Seimbangan pikiran dan yang dilakukan

Anda harus mampu menyeimbangkan antara pikiran Anda dengan apa yang Anda harus lakukan. Buat pikiran termotivasi sehingga mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan Anda. Jadikan niat sebagai sebuah tindakan.

 

5 of 5

Bersyukur

Ilustrasi stres
Ilustrasi (iStock)

9. Ambil Jeda

Berikan waktu untuk menenangkan diri dari segala pekerjaan. Cari waktu yang tepat. Jika sudah menemukan waktu yang tepat, buat jadwal apa yang ingin Anda lakukan di waktu senggang.

Ini akan membuat waktu senggang menjadi tidak hanya bersih-bersih rumah atau membuka surat elektronik

10. Syukurilah tentang hidup Anda

Mulailah bersyukur setiap hari. Tuliskan semua hal-hal positif dalam hidup Anda. Dengan begitu, hidup dan pekerjaan Anda juga akan jauh lebih positif.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by