Sukses

4 Benda Paling Kotor di Meja Kantor yang Harus Sering Dibersihkan

Selain meja kantor harus tetap bersih, benda-benda yang ditaruh di meja pun harus sering dibersihkan karena penuh kuman.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tak menyangka, meja kantor termasuk salah satu area paling kotor dan penuh kuman. Kesan bersih pada meja kerja, bukan berarti Anda tidak perlu susah payah membersihkannya menggunakan lap atau tisu.

Meski ada petugas yang membersihkan meja kantor, Anda tetap bisa membersihkan meja sendiri. Di meja kerja rata-rata terdapat lebih dari 10 juta kuman.

Jumlah kuman itu 400 kali lebih banyak daripada dudukan kloset di toilet, dilansir dari Cosmopolitan, Senin (19/2/2018).

Anda bisa bersihkan meja kantor dengan larutan pembersih antibakteri. Tak hanya meja saja, beberapa benda yang ditaruh di meja kantor juga perlu sering dibersihkan. Berikut benda-benda di atas meja kantor yang perlu rutin dibersihkan:

Keyboard

Keyboard menjadi benda paling kotor karena menyimpan kuman. Kuman hadir saat kita menekan tombol-tombol di keyboard secara terus menerus hingga 8 jam setiap hari.

Sel kulit, residu makanan, dan keringat menyebar di sela-sela keyboard yang sangat kecil secara. Ada lebih dari 3.295 kuman per tombol di keyboard.

Sebaiknya, bersihkan keyboard setiap minggu dengan kain yang sedikit lembab.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mouse

Tangan juga menjadi penghubung kuman dengan mouse. Kuman pada mouse dihasilkan dari paparan keringat, partikel makanan, dan debu.

Sekitar 10 persen pekerja kantor mengaku tidak pernah membersihkan mouse, menurut sebuah penelitian. Mouse dapat mengandung hingga 1.676 kuman.

3 dari 4 halaman

Headset atau headphone

Rekan kerja terkadang meminjam headset atau headphone. Perilaku ternyata buruk bagi kesehatan.

Ini karena kuman akan menyebar pada benda tersebut, yang dapat menularkan kuman pada Anda.

Kuman pada headset atau headphone menyebar lewat serat rambut, keringat, dan kotoran telinga.Hal ini berpotensi menyebabkan ruam wajah.

Setelah satu jam pemakaian, kuman bisa meningkat 700 kali.

4 dari 4 halaman

Telepon

Jika banyak orang sering menelepon dengan telepon kantor, maka Anda mungkin harus berhati-hati saat menggunakannya sendiri. Tombol dan gagang telepon dapat mengandung kuman.

Penelitian menunjukkan, kuman pada gagang telepon bisa mencapai konsentrasi tinggi, sebesar 162.000 per sentimeter persegi.

Ketika menggunakan telepon kantor, sebaiknya jaga mulut sedikit menjauh gagang telepon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.