5 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Kulit Cerah

Oleh Tera Tri Yusepi pada 18 Feb 2018, 14:00 WIB
Diperbarui 18 Feb 2018, 14:00 WIB
Alpukat
Perbesar
Ilustrasi Alpukat (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Anda dapat melengkapi rutinitas perawatan kecantikan favorit dengan makanan yang akan membantu melembabkan dan menghaluskan kulit. Beberapa makanan, bisa membuat kulit cerah dari dalam dengan nutrisi kandungannya.

Dengan mengetahui makanan apa yang baik bagi kulit, Anda bisa mengatur menu harian agar mencakup jenis-jenis makanan tadi. Dan, Anda bisa jadi terkejut melihat perubahan yang disebabkan oleh makanan ini. 

Jadi, apa sebaiknya yang Anda konsumsi untuk menjaga kulit cerah, bersih dan bercahaya? Berikut lima makanan terbaik yang direkomendasikan oleh para ahli untuk mencegah jerawat, radang, dan kulit kusam seperti dikutip dari PopSugar, Minggu (18/2/2018):

1. Blueberry

"Makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti blueberry, sangat bermanfaat untuk kulit pada umumnya," menurut Debra Jaliman, MD, ahli penyakit kulit bersertifikat dari New York dan penulis Skin Rules: Trade Secrets From a Top New York Dermatologist.

Ambil satu pak blueberry setiap kali Anda pergi berbelanja sehingga bisa dicampurkan ke sereal, oatmeal, dan yogurt sepanjang minggu.

2. Alpukat

Anda sangat suka dengan Alpukat? Kabar baik, "Alpukat juga sangat sehat dan mampu mencerahkan karena mengandung sejumlah besar minyak alami," lanjut Jaliman.

Selain memakannya dengan roti bakar dan salad, Anda bisa membuat masker alpukat kreasi sendiri yang terjangkau dan mudah dengan sisa makanan Anda.

3. Beras dan kacang merah

Ternyata combo/perpaduan ini (termasuk biji-bijian dan protein) mampu mencegah jerawat yang mengganggu. "Diet yang bekerja untuk mengurangi peradangan di tubuh dapat membantu pencegahan jerawat," jelas Jennifer M. Brown , MS, RD, seorang anggota asosiasi di ASU School of Nutrition and Health Promotion.

"Komponen makanan anti-inflamasi meliputi biji-bijian dan protein. Pilih mereka dibanding makanan olahan! Misalnya, pilih beras merah di atas nasi putih dan sertakan kacang dan kacang polong dalam makanan Anda."

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

4. Biji labu

Biji labu
Perbesar
Ilustrasi biji labu

Ucapkan selamat tinggal pada jerawat dengan mengemil biji labu. "Makanan kaya seng membantu melawan jerawat," kata Elizabeth Stein, CEO dan pendiri Purely Elizabeth dan ahli gizi holistik.

"Sebenarnya, jerawat itu sendiri mungkin merupakan gejala defisiensi seng." Simak resep mudah ini untuk biji labu yang di panggang oven.

5. Kembang Kol

"Sulfur, yang juga dikenal sebagai 'mineral kecantikan', memberikan kelancaran dan bersinar ke kulit. Ini membantu membersihkan tubuh dari sampah yang bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan kulit menjadi awet muda," ungkap Stein.

"Sulfur sering disebut sebagai 'mineral kecantikan' karena tubuh harus memiliki belerang yang cukup untuk mensintesis kolagen untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku ." Sulfur hadir dalam sayuran seperti kembang kol , brokoli, bayam, dan kangkung.

Lanjutkan Membaca ↓