Sukses

Pilih 4 Menu Sehat untuk Kencan Spesial di Hari Valentine

Mau tetap sehat di hari Valentine itu sangat mudah. Ganti makanan yang akan Anda santap bersama pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Hari Valentine identik dengan makan malam yang romantis. Namun, bukan berarti Anda bisa makan sesuka hati. Terutama jika Anda memiliki penyakit kronis, seperti diabetes dan kolesterol tinggi.

Berikut ini sajian makanan sehat yang patut Anda coba bersama pasangan di hari Valentine:

Cokelat hitam

Memberikan cokelat umum dilakukan di hari Valentine. Namun, apa jadinya jika pasangan Anda sedang diet? Tenang, Anda bisa memberikan cokelat hitam (dark chocolate) sebagai alternatif.

Cokelat hitam mengandung flavonoid, suatu antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Dengan demikian, kesehatan jantung dan pembuluh darah bisa terjaga dengan baik, sebelum maupun sesudah valentine.

 

 dr. Kartika Mayasari/Klik Dokter

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menu Sehat di Hari Valentine

Agar-agar rumput laut

Siapkan agar-agar bentuk hati untuk pasangan Anda. Pasti dia akan sangat menyukainya. Supaya lebih sehat, Anda bisa membuat agar-agar sendiri dengan bahan dasar rumput laut.

Agar-agar mengandung serat yang cukup untuk Anda yang kurang suka sayur. Namun, perlu diingat, agar-agar tidak bisa seratus persen menggantikan sayur.

Sementara itu, rumput laut mengandung kalsium dan vitamin K yang sangat tinggi. Bahkan, kalsium yang dihasilkan dari rumput laut memiliki kandungan lima kali lebih besar dibandingkan susu.

 

3 dari 3 halaman

Santap Salmon di Hari Valentine

Salmon

Salmon kaya akan omega-3. Nah, ternyata omega-3 ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan menguatkan otot jantung.

Supaya khasiat salmon terjaga, sebaiknya salmon dimasak dengan cara dikukus ketimbang digoreng.

Buah-buahan

Sajikan buah-buahan sebagai dessert saat makan malam bersama pasangan. Agar lebih menarik, Anda bisa memotong-motong buah menjadi bentuk hati atau bentuk bunga mawar.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa rajin mengonsumsi buah-buahan setiap hari bisa mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Karena itu, jangan anggap remeh kebiasaan makan buah.Sudah tidak bingung lagi ‘kan merayakan hari Valentine dengan pasangan yang sedang diet?

Berikanlah atau sajikan makanan-makanan sehat di atas dengan gaya menarik. Ingat, mendukung pasangan tetap sehat juga merupakan bentuk kasih sayang, lho!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini