Sukses

Sebab Selalu Lapar Setelah Turun Berat Badan

Satu hormon ini membuat Anda selalu merasa lapar setelah mengalami penurunan berat badan

Liputan6.com, Jakarta Pernah bertanya-tanya, mengapa Anda selalu merasa lapar setelah turun berat badan? Anda mungkin berpikir, kondisi selalu lapar menjadi pertanda bila tubuh sedang dalam proses menyesuaikan diri atas kehilangan berat badan.

Pada tahap berat badan turun, ada hormon yang memengaruhi rasa lapar setelah berat badan turun, menurut penelitian baru.

Para ahli dari Norwegian University of Science and Technology menemukan, ketika kita menurunkan berat badan, perut menghasilkan lebih banyak ghrelin. Hormon ini mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan napsu makan pada saat tubuh lapar dan membutuhkan makanan.

Tak heran, otak akan berpikir bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak kalori. Yang lebih buruk, sebagaimana dilansir dari News, Jumat (9/2/2018), kadar hormon ini tetap berada pada tingkat yang lebih tinggi.

Artinya, Anda cenderung merasa lapar setiap hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kadar hormon makin meningkat

Peneliti Catia Martins mengatakan, setiap orang memiliki hormon ghrelin. Jika Anda kelebihan berat badan, lalu diet dan berhasil menurunkan berat badan. Maka, kadar hormon ghrelin justru makin meningkat.

"Seseorang yang sangat gemuk membutuhkan lebih banyak energi untuk bernafas, tidur, mencerna makanan atau berjalan. Bila tubuh kehilangan berat badan, maka sedikit energi yang dibutuhkan melakukan aktivitas itu. Ini karena tubuh lebih ringan," jelas Catia.

Penelitian tersebut diikuti 34 orang, yang dianggap masuk kategori obesitas ringan (rata-rata berat badan lebih dari 120 kg) dan mendaftarkan mereka dalam rencana penurunan berat badan selama dua tahun.

Mereka diberi rencana diet, olahraga, dan nutrisi seimbang. Selama dua tahun diet, rata-rata mereka turun berat badan 11 kg.

3 dari 3 halaman

Selalu merasa lapar

Setelah partisipan mengalami penurunan berat badan hingga 11 kg dalam dua tahun, mereka melaporkan, selalu merasa lapar daripada sebelum berat badan turun.

"Seorang partisipan, yang sekarang berat badannya 76 kg bisa makan lebih banyak setelah berat badannya turun," ujar Catia.

Orang yang berat badannya turun membutuhkan sedikit energi untuk mempertahankan tubuh barunya. Ditandai dengan adanya sinyal selalu lapar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.