Sukses

Mendadak Lapar Tengah Malam, Santap Saja 6 Camilan Ini

Ketika lapar menyerang di malam hari, Anda tidak perlu khawatir. Cobalah menikmati 6 camilan yang akan dibahas berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ketika rasa lapar menyerang di malam hari, Anda kerap merasa bimbang. Hal ini karena ketika tidur, proses metabolisme lebih lambat, sehingga berat badan akan bertambah. Di sisi lain, Anda akan mengalami kesulitan tidur saat merasa lapar. Menyantap camilan menjadi sesuatu yang serba salah.

Namun demikian, ternyata tidur dalam keadaan lapar pun tidak disarankan. Dilansir step to health, Jumat (9/2/2018), ada beberapa camilan yang akan membuat berat badan terjaga dan mencapai kualitas tidur yang baik, meski dinikmati malam hari sebelum tidur. Apa sajakah itu? berikut ulasannya.

1. Pisang tumbuk dengan kenari

Camilan dari dua bahan yang sehat ini dapat mengendalikan rasa lapar pada malam hari. Pisang tumbuk yang ditambahkan dengan irisan kenari pun dapat mengurangi asam lambung dan mulas.

Camilan lezat ini mengandung asam amino penting seperti tryptophan yang dapat membantu mencegah insomnia. Anda dapat menumbuk setengah buah pisang matang dan mencampurkannya dengan kenari yang sudah dicincang halus.

2. Susu hangat dengan kayu manis

Minum susu dipercaya dapat menjaga kualitas tidur. Namun demikian, jika Anda mengonsumsinya sebelum tidur, pilihlah susu yang rendah lemak, susu skim, atau susu bebas laktosa.

Menambahkan kayu manis pada susu hangat dapat bermanfaat bagi metabolisme dan pencernaan Anda. Anda dapat menikmatinya 20 hingga 30 menit sebelum tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Camilan sehat yang juga dapat menjaga kesehatan pencernaan

3. Yogurt dengan gandum

Camilan lezat ini menjadi salah satu kudapan yang ideal untuk dikonsumsi sebelum tidur. Lantaran yogurt dan gandum merupakan bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan melindungi flora usus dan dapat membuat Anda tertidur lelap.

Anda dapat mencampurkan setengah cangkir yogurt alami rendah lemak dengan satu sendok gandum. Anda dapat mengonsumsinya 30 menit sebelum tidur.

4. Yogurt Yunani dengan Cranberi

Hidangan pencuci mulut ini mengandung asam amino esensial, vitamin, antioksidan dan berbagai macam nutrisi lain yang memberi manfaat bagi kesehatan Anda.

Selain itu, dengan senyawa probiotiknya, yogurt dapat melindungi flora usus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Anda dapat mencampurkan yogurt yunani dengan cranberi beku dan menikmatinya sebelum tidur.

3 dari 3 halaman

Camilan ini aman dikonsumsi sebelum tidur karena rendah kalori

5. Sereal gandum utuh dengan susu almond

Meski umumnya Anda mengonsumsinya saat sarapan pagi, Anda dapat mengonsumsinya saat lapar menyerang di malam hari. Lantaran kandungan kalorinya yang rendah, sehingga sereal ini tidak menimbulkan risiko berat badan.

6. Smoothies Apel dan Persik

Selain rasanya yang lezat, smoothies apel dan persik merupakan minuman rendah kalori. Kandungan antioksidan dan asam amino dapat merangsang proses detoksifikasi. Oleh sebab itu, dengan meminum smoothies ini, Anda akan mencapai kualitas tidur yang baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.