5 Herbal Alami Penghapus Kosmetik ini Bisa Anda Buat di Rumah

Oleh Aretyo Jevon Perdana pada 15 Jun 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 19:07 WIB
Ini Dia Bahaya Kosmetik Bagi Kulit Anda (Peter Bernik/Shutterstock)

 

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang mungkin kerap malas membersihkan kosmetik yang sudah mengering di wajah. Apabila sudah mengantuk, Anda kerap membiarkan kosmetik melekat di wajah semalaman. Padahal, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Dilansir step to health, Jumat (4/06/2018), Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan herbal untuk menghapuskan kosmetik dari kulit wajah. Selain dapat membersihkan kosmetik, ramuan tersebut dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Apa sajakah? berikut ulasannya :

1. Perawatan Madu dan Gandum

Kedua bahan ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit wajah. Ketika madu dan gandum digabungkan, Anda akan membuat krim pembersih kosmetik dengan kualitas yang baik.

Komponen hidrasi dan antioksidan pada dua bahan herbal tersebut dapat meregenerasi kulit dan mengatur produksi minyak. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu membasahi wajah dan oleskan krim dengan sedikit gerakan memijat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dan wajah Anda pun dapat bersih maksimal.

2. Perawatan lidah buaya dan minyak almond

Selain mudah dibuat, krim lidah buaya dan minyak almond ini dipercaya dapat menghapus sisa kosmetik dari wajah Anda. Tidak hanya sebagai pembersih, krim dari bahan herbal ini dapat meregenerasi kulit dan mencegah keriput.

Kandungan asam lemak, antioksidan, dan asam amino yang terdapat pada bahan herbal ini dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Untuk menggunakannya, Anda harus membersihkan wajah Anda terlebih dahulu, kemudian mengoleskannya dengan gerakan memutar. Kemudian, bersihkan menggunakan handuk lembap atau bilas dengan air. Anda akan mendapatkan wajah yang bersih bebas kosmetik.

 

Simak juga video berikut ini :

2 of 2

Bahan Herbal Dapat Membersihkan dan Mencerahkan Wajah

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut
Minyak kelapa menjadi salah satu bahan herbal yang dapat membersihkan wajah Anda dari kosmetik

3. Perawatan Minyak Kelapa dan Madu

Mengandung senyawa hidrasi yang tinggi, perawatan menggunakan minyak kelapa dan madu ini merupakan salah satu pilihan terbaik guna menghilangkan riasan kosmetik pada wajah yang kering.

Kandungan asam lemak dan antioksidan yang terdapat pada ramuan ini dapat membantu regenerasi sel kulit. Selain itu, dengan membersihkan kosmetik di wajah, kedua bahan tersebut dapat melebutkan kulit dan membuatnya tampak lebih cerah.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskannya pada wajah dan biarkan selama lima menit. Setelah itu, cuci bersih dengan air hangat guna membersihkannya.

4. Perawatan Air Mawar dan Timun

Kedua bahan herbal ini tidak hanya ampuh untuk menghilangkan bekas kosmetik di wajah, melainkan juga dapat membantu menguatkan dan memberi warna pada kelopak mata dan pipi.

Untuk menggunakannya, Anda harus mencampurkan air mawar dan timun hingga berbentuk pasta, lalu gosokkan pada seluruh wajah dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan Anda akan merasakan manfaatnya.

5. Perawatan minyak gel dan gula

Tekstur dari minyak gel dapat menghilangkan kosmetik lebih cepat. Selain itu, penambahan gula dapat memberikan perawatan berupa pengelupasan sel kulit mati dan regenarasi.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengoleskannya pada wajah selama dua sampai tiga menit dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air hingga bersih, dan rasakan wajah yang bersih dan lembap tanpa kosmetik.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by