Sukses

Musim Pancaroba, Jaga Tubuh dengan Makanan Sehat

Perubahan cuaca saat ini mulai tidak menentu. Kadang pada pagi hari hujan dan saat siang cuaca menjadi panas

Liputan6.com, Jakarta Perubahan cuaca saat ini mulai tidak menentu. Kadang pada pagi hari hujan dan saat siang cuaca menjadi panas. Tentu hal ini merupakan pertanda musim pancaroba. Nah, kalau sudah begitu, banyak penyakitflu, demam, batu dan pilek seringkali menyerang.

Ironinya, kebanyakan orang menganggap penyakit pilek dan flu bukanlah penyakit yang serius. Padahal kondisi ini bisa menghalangi aktivitas sehari-hari. Selain itu, jika dibiarkan, flu bisa berubah menjadi demam.

Maka dari itu, dibutuhkan tameng agar tubuh tetap fit dalam menjalankan aktivitas. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang ampuh meningkatkan imun tubuh.

Dilansir DailyMail, Rabu (6/1) berikut beberapa makanan yang mampu membuat tubuh lebih kuat hadapi musim pancaroba.

Yogurt

Makanan satu ini sangat penting dalam menangkal musim yang moody. Untuk itu, menjaga daya tahan tubuh kuat, Anda tambahkan yogurt dalam menu sarapan. Produk olahan susu yang satu ini mengandung probiotik yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu yogurt membantu menjaga kondisi usus sehat. Nah, sekitar 70-80 persen imunitas tubuh ditentukan oleh keadaan usus. Menjaga keseimbangan lingkungan di usus sebagai salah satu cara melawan penyakit.

Sup ayam

Mengonsumsi sup ayam di kala hujan pasti terasa lebih nikmat. Tak hanya itu, dengan menyeruput sup menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kandungan air dalam sajian makanan ini membantu menjaga tubuh terhidrasi.

Selain itu, bila memasak sup bersama kaldu tulang ayam juga bermanfaat. Terdapat kandungan mineral seperti mangensium, fosfor, dan sulfur. Serta asam amino yang bermanfaat sebagai anti peradangan.

Sup juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, maka dari itu paling tidak seminggu tiga kali untuk mengonsumsi sup ayam. Jika Anda tidak mengonsumsi daging, sop berbahan dasar sayuran juga tak masalah.

Bayam

Beruntung bagi kamu yang suka bayam. Pasalnya, bayam terdapat asam folat yang membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Bayam kaya akan Vitamin C yang bahkan lebih tinggi dari buah sitrus.

Tentu hal itu mampu membuat kamu lebih kuat dengan musim pancaroba.

Multivitamin

Untuk melengkapi makanan-makanan di atas, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi multivitamin. kekurangan vitamin dan mineral dapat pula menyebabkan penurunan daya tahan tubuh serta timbulnya berbagai penyakit.

Kini sudah banyak multivitamin pilihan di pasaran, misalnya Theragran-M. multivitamin itu mempunyai kombinasi kandungannya mulai dari Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E dan mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc).

Theragran-M terbukti meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.

Theragran-M, mempercepat masa penyembuhan.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.