Sukses

Otak Bisa Ungkap Siapa Teman Anda

Konon, berdasarkan sebuah penelitian, otak bisa mengungkapkan siapa yang akan menjadi teman kita

Liputan6.com, Jakarta Otak Anda bisa mengungkapkan siapa teman Anda. Teman-teman kita memiliki respons saraf yang serupa dengan rangsangan di dunia nyata. Kesamaan itulah yang bisa digunakan untuk memprediksi teman Anda.

Para periset menemukan Anda bisa memprediksi siapa teman Anda hanya dengan melihat bagaimana otak menanggapi klip di video. Teman-teman memiliki pola aktivitas saraf yang paling mirip.

Penelitian Dartmouth yang diterbitkan di Nature Communications itu memeriksa hubungan antara aktivitas saraf orang-orang di dalam jaringan sosial dunia nyata, karena mereka menanggapi rangsangan dunia nyata, yang dalam hal ini menonton rangkaian yang sama di video.

"Respons saraf dinamis terhadap rangsangan naturalistik, seperti video, yang dapat memberi kita pandangan ke dalam proses pemikiran spontan yang tidak terbatas saat mereka terungkap. Hasil penelitian kami menunjukkan teman memproses dunia di sekitar mereka dengan cara yang sangat mirip," kata penulis utama Carolyn Parkinson, seperti dikutip dari MedicalExpress pada Kamis, 1 Februari 2018.

Carolyn merupakan rekan postdoctoral di bidang ilmu psikologis dan otak di Dartmouth pada saat studi tersebut. Saat ini menjadi asisten profesor psikologi dan direktur Lab Neuroscience Sosial Komputasional di University of California, Los Angeles.

Studi mengenai otak tersebut menganalisis persahabatan hampir 280 mahasiswa pascasarjana. Para periset memperkirakan jarak sosial antar pasangan individu berdasarkan ikatan sosial yang dilaporkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Otak Bisa Melihat Siapa Teman Anda

Sebanyak 42 siswa diminta menonton berbagai video sementara aktivitas syaraf mereka dicatat dalam pemindai resonansi magnetik fungsional (fMRI). Video tersebut memuat berbagai topik dan genre, termasuk video politik, sains, komedi dan musik, yang diharapkan dapat memberikan tanggapan yang beragam.

Setiap peserta menonton video yang sama dengan urutan yang sama, dengan instruksi yang sama. Para periset kemudian membandingkan respons saraf yang dipasangkan di setiap siswa untuk menentukan apakah pasangan siswa yang memiliki teman memiliki aktivitas otak yang lebih mirip.

Temuan tersebut menunjukkan kesamaan respons saraf sangat kuat di antara teman, dan pola ini tampak di seluruh wilayah otak yang terlibat dalam respons emosional, mengarahkan perhatian dan penalaran tingkat tinggi.

"Kita adalah makhluk sosial dan menjalani hidup terhubung dengan orang lain. Jika kita ingin memahami bagaimana otak manusia bekerja, maka kita perlu memahami bagaimana otak bekerja dalam kombinasi - bagaimana pikiran terbentuk satu sama lain," ujar penulis senior Thalia Wheatley, seorang profesor ilmu psikologis dan otak di Dartmouth, dan penyidik ​​utama Laboratorium Sistem Sosial Dartmouth.

Para peneliti menemukan segera setelah Anda melihat seseorang yang Anda kenal, otak Anda segera memberi tahu Anda seberapa penting atau berpengaruh mereka dan posisi yang mereka pegang di jaringan sosial Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini