7 Kegelisahan Soal Buang Air Kecil yang Ganggu Tidur Malam Anda

Oleh Gina Melani pada 27 Jan 2018, 22:00 WIB
Kencing

Liputan6.com, Jakarta Apakah kandung kemih mengganggu tidur malam Anda? Jika Anda ke toilet untuk buang air kecil lebih dari sekali selama 6 hingga 8 jam, mungkin Anda menderita nokturia. Tubuh Anda bisa memproduksi terlalu banyak air kencing, atau kandung kemih Anda yang tidak bisa menahan. Atau, terkadang keduanya.

Penyebab sering buang air kecil, ada banyak kemungkinan. Beberapa butuh perawatan medis, dan yang lain bisa Anda atasi sendiri. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab produksi urin berlebih, dikutip dari laman WebMD, Sabtu (27/01/2018).

1. Mungkinkah karena apa yang saya minum?

Anda mungkin hanya minum terlalu banyak atau terlalu dekat dengan waktu tidur. Coba kurangi minum beberapa jam sebelum tidur.

Jangan minum alkohol atau kafein di siang hari dan pastikan untuk buang air kecil ke kamar mandi sebelum tidur.

2. Mungkinkah itu infeksi?

Infeksi saluran kemih (ISK) memicu kebutuhan untuk buang air kecil lebih banyak di siang hari dan malam hari.

Mungkin terasa sakit saat Anda buang air kecil, perut Anda pun terasa sakit, dan ada kemungkinan demam. Dokter Anda dapat mendiagnosisnya dan mengobati ISK.

 

Simak juga video menarik berikut :

2 of 3

3. Mungkinkah usia membuat perbedaan?

Kencing
Ilustrasi Foto Kebelet Kencing atau Buang Air Kecil (iStockphoto)

Semakin tua usia Anda, semakin besar kemungkinan Anda sering buang air kecil di malam hari. Seiring bertambahnya umur, tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit hormon yang membantu menahan urin hingga pagi hari.

Bila Anda menginjak usia tua, Anda juga cenderung memiliki masalah kesehatan lain yang membuat Anda perlu buang air kecil dalam semalam. Jenis kelamin Anda juga berperan.

- Pria: Pembesaran prostat sering terjadi saat Anda adalah pria tua. Biasanya tidak serius, tapi bisa mencegah Anda mengosongkan kandung kemih.

- Wanita: Setelah menopause, Anda memproduksi lebih sedikit estrogen. Ini bisa menyebabkan perubahan pada saluran kencing yang membuat Anda harus buang air kecil lebih sering. Jika Anda sudah memiliki anak, otot di panggul Anda mungkin lebih lemah juga.

4. Mungkinkah karena obat?

Beberapa obat menarik keluar cairan dari sistem Anda dan membuat Anda buang air kecil lebih banyak.

Tanyakan kepada dokter apakah obat-obatan Anda memiliki efek ini. Sehingga Anda dapat mencegahnya, dan dokter dapat memberikan resep lain.

5. Mungkinkah ini masalah tidur?

Terkadang bukan keinginan untuk buang air kecil yang membangunkan Anda - tapi begitu Anda bangun, Anda merasa harus buang air kecil. Itu bisa saja terjadi jika Anda memiliki sindrom kaki gelisah, hot flashes, nyeri (kronis) yang sedang berlangsung, atau depresi.

Ada juga hubungan antara sleep apnea dan harus buang air kecil di malam hari. Mengobati gangguan tidur biasanya memecahkan masalah buang air kecil di malam hari juga.

6. Mungkinkah ada masalah di hati?

Saat Anda berbaring, tubuh Anda mengeluarkan cairan ekstra. Cairan tersebut mengisi kandung kemih Anda dan membangunkan Anda. Jika alasannya adalah ini, kemungkinan kaki akan bengkak.

Anda mungkin bisa membantu mengendalikan pembengkakan dengan mengistirahatkan kaki Anda di siang hari, atau baca cara atasi bengkak di kaki.

3 of 3

7. Mungkinkah ada penyebab yang lain?

[Bintang] Ilustrasi Menahan Buang Air Kecil
Ini sederet akibat mengerikan kalau kamu sering menahan buang air kecil. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Temui dokter jika Anda sudah mencoba mengendalikan masalahnya tapi tidak ada perbaikan. Masalah medis lainnya dapat menyebabkan kandung kemih Anda berproduksi beda dari seharusnya.

Masalah medis tersebut dapat berupa:

- Tumor kandung kemih

- Tumor prostat

- Kandung kemih terlalu aktif

- Sistitis interstisial

- Kehamilan

- Kegemukan

Kondisi yang bisa menyebabkan tubuh Anda membuat terlalu banyak urin meliputi:

- Diabetes

- Diabetes insipidus

- Gagal hati

- Penyakit neurologis seperti alzheimer dan parkinson

Jika Anda memiliki masalah kesehatan tersebut dan segera memastikannya dengan diagnosis dokter, hal itu bisa menghentikan masalah kencing malam hari. Tapi Anda mungkin perlu obat untuk mengatasi hal ini.

Apakah saya perlu ke dokter?

Bangun di malam hari untuk buang air kecil bisa memberi masalah di siang hari, seperti kurang konsentrasi atau masalah kesehatan lainnya. Bila Anda lebih tua, nokturia juga meningkatkan peluang Anda untuk jatuh dan patah pinggul.

Jadi, bagaimana mempersiapkan kunjungan ke dokter?

- Bawa catatan tentang apa yang Anda minum, kapan dan berapa banyak Anda buang air kecil.

- Selanjutnya, dokter pasti ingin tahu bagaimana kamu tidur, Apakah Anda merasa lelah di siang hari, Obat apa yang kamu pakai, dan gejala lain yang anda punya.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait