Sukses

Ingin Mencegah Katarak? Konsumsi 7 Makanan Ini

Penyakit katarak bisa dicegah dengan beragam cara, salah satunya dengan mengonsumsi 7 makanan ini.

Liputan6.com, Jakarta Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang serius. Pasalnya, ketika menderita penyakit katarak, penglihatan Anda menjadi kabur. Selain itu, Anda menjadi sulit mengenali warna dan tidak dapat melihat dengan kontras. Hal ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Penyakit ini umumnya menyerang mereka yang lanjut usia. Meski dapat disembuhkan dengan operasi, hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup seseorang. Artinya, meski dapat melihat dengan jelas, operasi tidak akan mengembalikan penglihatannya seratus persen.

Lantas, bagaimana mencegahnya? Dilansir Step to Health, Jumat (26/1/2018), penyakit katarak bisa dicegah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Makanan apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Jeruk

Tak hanya segar, buah ini punya manfaat baik bagi penglihatan. Kandungan vitamin C dan beta karoten dalam buah jeruk berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam membantu melindungi sel dari efek stres oksidatif.

Hal itulah yang dapat mengoptimalkan proses regenerasi jaringan, terutama jaringan mata. Buah jeruk pun dipercaya dapat membantu mengurangi agresi yang disebabkan oleh sinar matahari dan racun.

2. Bayam

Terkenal sebagai sayuran yang dapat memberikan energi, bayam juga memiliki komponen aktioksidan dan antiinflamasi yang dapat melindungi kesehatan mata Anda.

Bayam juga mengandung asam folat, vitamin A dan seng, yang dapat memperkuat penglihatan sekaligus menghindari dari radikal bebas. Bayam menjadi salah satu sayuran yang dapat mencegah penyakit katarak.

 

Simak juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Minyak Zaitun

Minyak yang terkenal berasal dari timur tengah ini dipercaya dapat membantu menjaga organ penglihatan. Kandungan asam lemak esensial dan antioksidan dalam minyak ini dapat melindungi penglihatan sekaligus mencegah degenerasi lensa dan retina Anda.

Tak hanya itu, minyak zaitun juga dapat mengendalikan kolesterol.

4. Tepung Gandum

Bahan makanan ini mengandung banyak asam amino esensial dan vitamin E. Nutrisi yang terkandung dalam tepung gandum dipercaya dapat mengurangi degenerasi membran okular.

Selain itu, tepung gandum juga dapat mengurangi hilangnya protein pada lensa, sekaligus dapat menghentikan efek negatif dari racun dan sinar matahari.

3 dari 3 halaman

5. Ikan air dingin

Ikan laut yang tinggal di perairan dingin umumnya memiliki asam lemak omega 3. Nutrisi ini berperan penting dalam melindungi mata Anda dari penyakit degenaratif dan penuaan dini pada sel.

Asam lemak omega 3 juga berperan dalam meningkatkan aliran darah, mengontrol kolestrol, dan mengurangi peradangan yang dapat mengganggu kesehatan penglihatan. Ikan laut yang dimaksud adalah tuna, sarden, salmon, dan teri.

6. Telur

Tak hanya lezat, telur ternyata mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi tersebut dipercaya dapat melindungi mata terhadap degenerasi yang terjadi pada penuaan sel.

7. Teh hijau

Minuman ini memang dikenal punya banyak manfaat bagi tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata, terutama yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan minum teh hijau secara rutin, Anda dapat mengurangi dekomposisi dan kerusakan lensa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.