Sukses

Mencengangkan, 2 Bagian Tubuh Ini Terus Tumbuh Sampai Tua

Ada fakta unik soal tubuh yang perlu diketahui. Rupanya masih ada dua bagian tubuh yang terus tumbuh hingga tua.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mengatakan jika beberapa tahun setelah pubertas, kita berhenti tumbuh. Namun, ada fakta unik soal tubuh yang perlu diketahui. Rupanya masih ada dua bagian tubuh yang terus tumbuh hingga tua.

"Sebagian besar sel-sel di tubuh kita berhenti membelah usai puber," kata dokter spesialis bedah plastik di NYC Surgical Associates and Neinstein Plastic Surgery, Ryan Neinstein.

Ya, pada saat sel-sel di tubuh sepeti sel tulang, otot, lemak berhenti menduplikasi, itu artinya berhenti tumbuh. Namun, bukan berarti tidak bisa bertambah besar atau menyusut.

Namun, ada dua bagian, yakni hidung dan telinga, terus tumbuh sepanjang hidup. Hal ini terjadi karena bagian itu terdiri dari jaringan lunak yang diselimuti tulang rawan.

"Ketika Anda seseorang 80 tahun dan 20 tahun, saat usia 80 tahun lebih banyak sel di telinga dan hidung," kata Neinstein mengutip Reader's Digest, Rabu (23/1/2018).

Itu sebabnya orang tua cenderung memiliki hidung dan telinga yang lebih besar.

 

Saksikan juga video menarik ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana dengan rambut dan kuku?

Neinstein memiliki alasan tidak memasukkan kuku dan rambut ke daftar bagian tubuh yang tidak berhenti tumbuh.

"Pertumbuhan rambut dan kuku itu terkait genetik dan berbeda antara orang satu dengan lainnya. Misalnya, kebotakan ini faktor keturunan," kata Neinstein.

Berbeda halnya dengan pertumbuhan sel-sel di telinga yang cenderung konsisten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini