Sukses

Migrain Saat Menstruasi Hal Biasa, Ini 5 Penyebabnya

Apa saja penyebab seorang wanita bisa terkena migrain saat menstruasi?

Liputan6.com, Jakarta Sebuah fakta terungkap bahwa seorang wanita tiga kali lebih sering terkena migrain dan 60 persen terjadi menjelang atau selama menstruasi. 

Perubahan hormonal memegang peranan terjadinya kondisi ini. Namun, sejumlah kondisi yang terjadi, tanpa disadari merupakan penyebab wanita rentan terserang migrain seperti ini dibanding wanita yang lain. 

Berikut kebiasaan tersebut.

1. Kurang tidur

Sudah bukan rahasia lagi bila kurang tidur menyebabkan kacaunya kerja tubuh. Sama seperti mesin, bila kurang diistirahatkan, tubuh juga bisa "panas" dan kemudian mengalami penurunan fungsi, termasuk fungsi pengaturan hormon saat menstruasi.

2. Banyak konsumsi makanan yang mengandung tiramine

Tiramine adalah salah satu senyawa kimia dalam makanan yang diketahui dapat memicu munculnya migrain pada sebagian orang.

Makanan yang banyak mengandung tiramine di antaranya daging asap, keju, alpukat, pisang dan cokelat. Sebisa mungkin hindari berbagai jenis sajian ini bila sakit kepala kerap terjadi selama menstruasi.

dr. Dyan Mega Inderawati/Klik Dokter

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stres Penyebab Migrain Saat Menstruasi

3. Stres

Ketika seseorang dalam kondisi stres, tubuhnya melepaskan radikal bebas yang sifatnya merusak. Tidak hanya merusak sel-sel, radikal bebas yang ada juga dapat mengacaukan pengaturan hormon serta mood Anda saat menstruasi tiba.

4. Mengonsumsi makanan yang mengandung MSG

Sebagian wanita cenderung mudah lapar saat sedang menstruasi. Sah-sah saja mengemil di tengah jam makan untuk menawar perut yang keroncongan. Namun pilihlah cemilan yang sehat untuk tubuh dan kesehatan.

Hindari cemilan dan makanan yang banyak mengandung monosodium glutamat atau MSG, karena zat ini ternyata dapat memperparah sakit kepala yang dialami saat menstruasi.

 

3 dari 3 halaman

Menghirup Aroma Tajam

5. Menghirup aroma yang tajam

Parfum tubuh, pengharum ruangan, atau sekedar aroma buah yang tajam seperti durian ternyata dapat menjadi biang keladi pencetus migrain saat menstruasi. Agar aktivitas Anda tidak berantakan karena sakit kepala, usahakan hindari berbagai aroma menyengat ini.

Sakit kepala saat menstruasi memang menyebalkan. Namun, bukan tidak mungkin untuk dihindari. Sebisa mungkin kurangi kebiasaan yang dapat mendekatkan diri Anda dengan pemicu migrain di atas. Dengan begitu, hari-hari menstruasi Anda dapat terlewati dengan tetap aktif serta menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini