Sukses

Atasi Gizi Buruk, Pemda Asmat Kerahkan Tim Kesehatan ke 9 Distrik

Untuk menyuplai bahan makanan dan obat-obatan, Pemda Asmat menuntaskan kasus gizi buruk dengan mengirim tim kesehatan ke berbagai distrik.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Daerah Asmat mulai mengerahkan tim kesehatan ke sembilan distrik untuk membantu mengobati warga, khususnya anak-anak yang sakit dan mengalami gizi buruk.

"Tim kesehatan itu sudah disebar mulai Rabu (17/1) dan bertugas memberikan pengobatan serta makanan tambahan kepada masyarakat," kata Bupati Asmat, Elisa Kambu, dikutip dari AntaraNews, Rabu (17/1/2018) di Asmat.

Bupati Kambu mengatakan, tim kesehatan yang dikerahkan ke Asmat merupakan tim yang dibantu dari berbagai pihak di antaranya Mabes TNI, Depkes, dan Polda Papua.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar 9 Distrik di Asmat yang Alami Gizi Buruk

Mereka akan mendatangi kampung-kampung dan memeriksa warga kampung serta memberikan vaksinasi kepada anak dan balita.

Sembilan distrik yang menjadi sasaran di antaranya Distrik Suator, Aswi, Akat, Fiyid, Pulau Tiga, Kolfbraza, Getsi dan Distrik Siret.

"Mudah-mudahan ke depan tidak ada lagi balita yang menderita gizi buruk," kata Bupati Kambu.

 

 

3 dari 3 halaman

Banyak distrik yang tidak memiliki puskesmas

Menurutnya, penyebab banyaknya balita yang mengalami gizi buruk akibat beberapa faktor, antara lain orang tua yang kurang memberikan makanan sehat yang sebetulnya banyak tersedia di sekitar mereka.

Bahkan ada kecenderungan masyarakat yang suka memberikan makanan cepat saji kepada anak-anaknya seperti mie instan, tambah dia. Dari 19 distrik yang berada di wilayah Kabupaten Asmat, tercatat hanya tujuh distrik yang belum memiliki Puskesmas.

Namun, paramedis dan tenaga dokter yang bertugas terbatas karena banyak peugas medis yang enggan bertugas di Puskesmas terpencil, kata Bupati Asmat Elisa Kambu. 

(Evarukdijati/AntaraNews)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.

    Campak

  • Gizi buruk atau yang dikenal sebagai kwashiorkor dalam dunia medis, merupakan salah satu bentuk malnutrisi.

    Gizi Buruk

  • Asmat

  • Asmat Papua