3 Alasan Penting Harus Ada Magnesium dalam Menu Harian

Oleh Gina Melani pada 15 Jan 2018, 08:30 WIB
20150907-Anda Sulit Tidur? Atasi Dengan 6 Cemilan Ini-Pisang

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda berbelanja, mungkin jarang untuk memilih bahan makanan berdasarkan kandungan gizi yang dimilikinya. Termasuk dengan magnesium.

Efek dari elemen ini lebih penting daripada yang mungkin Anda bayangkan. Namun, Anda harus memikirkan beberapa hal, karena jangkauan mineral ini sangat luas, meski sama-sama tidak diketahui banyak orang.

Berbeda dengan unsur lain seperti besi dan kalsium, orang cenderung tidak mengenalinya dengan mudah. Sebenarnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa hingga 48 persen populasi AS mungkin memiliki defisit mineral ini.

Meskipun demikian, alasan mengapa memasukkannya ke dalam menu Anda sangat penting. Selain itu, magnesium ditemukan di banyak senyawa dan bentuk terisolasi dalam jumlah tak terhingga makanan alami dan olahan.

Akan tetapi, di sini akan diberi tahu tiga alasan terbaik mengapa Anda perlu mempertimbangkannya dengan serius untuk mendukung diri Anda dan meningkatkan kesejahteraan Anda.

Secara keseluruhan, alasan ini berkisar dari asimilasi vitamin D hingga bantuan terapeutik dari berbagai kondisi, di antaranya: fibromyalgia, fibrilasi auricular, diabetes tipe 2, sindrom pramenstruasi, kejadian kardiovaskular, migrain serta penuaan.

Percaya atau tidak, semua penyakit ini dapat dikurangi, dicegah atau diperbaiki hanya melalui peningkatan asupan magnesium dalam makanan secara teratur.

Nah, inilah tiga alasan utama sehingga Anda bisa lebih memahami magnesium dan manfaat yang ditawarkannya, dikutip dari Step to Health, Senin (15/01/2018).

 

 Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 of 4

1. Ideal untuk kesehatan tulang dan gigi Anda

Ingin Gigi Tetap Sehat, Lakukan Hal ini!
Ilustrasi gigi sehat

Memang benar kalsium mendapat banyak pengakuan saat menyangkut kesehatan tulang dan gigi Anda. Namun, magnesium juga memainkan peran kunci di sini, karena ia sebagai penghubung untuk elemen lainnya.

Artinya, jika Anda memiliki kekurangan magnesium, Anda akan mengalami kesulitan mencapai kadar kalsium yang memadai.

Di antara banyak hal lainnya, osteoporosis dan rongga bisa menjadi konsekuensi dari kekurangan ini.

Sebaiknya Anda memasukkan makanan yang kaya akan mineral ini, seperti produk susu dan buah-buahan yang kaya vitamin D, seperti aprikot, apel dan guayaba.

3 of 4

2. Mengurangi gejala sindrom pramenstruasi

Kenali 6 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur (PR Image Factory/Shutterstock)
Ilustrasi sindrom pramenstruasi. (PR Image Factory/Shutterstock)

Kita tahu bagaimana sindrom pramenstruasi yang mengganggu pada wanita.

Magnesium menonjol sebagai mineral yang menempel pada hormon kita dan secara efektif mengatur dampaknya, sehingga mengurangi beberapa gejala rasa sakit dan sensitivitas.

Berkenaan dengan kram menstruasi atau dismenorrhea, jika Anda sudah makan banyak makanan dengan kandungan magnesium tinggi selama sebulan sebelumnya, Anda akan tahu bagaimana ini bisa mengurangi rasa sakit.

4 of 4

3. Pertarungan melawan insomnia

Kekurangan tidur merupakan masalah bagi sebagian besar populasi. Ada banyak penyebab yang bisa sangat memengaruhi tidur kita. Namun, ketika membicarakan magnesium, defisit mineral ini secara langsung memengaruhi perkembangan insomnia.

Melatonin adalah hormon yang memengaruhi regulasi tidur kita. Bila tubuh kekurangan magnesium, maka insomnia akan timbul. Hal ini karena tampaknya mineral ini berhubungan dengan bisa tidur nyenyak.

Terakhir, pastikan Anda mengonsumsi banyak makanan yang mengandung mineral penting ini dalam makanan Anda untuk membantu Anda mengasimilasinya. Tentu saja, Anda harus tahu manfaat dan apa alasan di baliknya.

Lanjutkan Membaca ↓