Sukses

Cek, 4 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil dan Cara Mendapatkannya

Ada empat nutrisi utama yang diperlukan ibu hamil, apa saja? Dan makanan apa saja yang mengandungnya?

Liputan6.com, Jakarta Apa yang wanita makan dan minum selama kehamilan adalah sumber makanan utama bayinya. Jadi, para ahli merekomendasikan agar ibu memilih berbagai makanan dan minuman sehat untuk memberi nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan. Berikut penjelasannya dikutip dari Live Science, Kamis (11/01/2018).

Kunci Nutrisi kehamilan

Seorang wanita hamil membutuhkan lebih banyak kalsium, asam folat, zat besi dan protein daripada wanita yang tidak hamil, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG). Inilah mengapa keempat nutrisi ini penting.

Asam folat: Asam folat juga dikenal sebagai folat sangat penting dalam membantu mencegah cacat lahir di otak bayi dan sumsum tulang belakang, yang dikenal sebagai cacat tabung saraf.

Karena mungkin sulit memenuhi kebutuhan asam folat hanya dari diet saja, March of Dimes, sebuah organisasi untuk mencegah cacat lahir, merekomendasikan agar wanita yang mencoba mengkonsumsi suplemen vitamin harian yang mengandung 400 mikrogram asam folat per hari setidaknya satu bulan sebelum hamil.

Selama kehamilan, mereka menyarankan wanita untuk meningkatkan jumlah asam folat menjadi 600 mikrogram per hari, jumlah yang biasa ditemukan pada vitamin prenatal setiap hari.

Sumber makanan: sayuran berdaun hijau, sereal yang diperkaya asam folat, roti dan pasta, kacang-kacangan, buah sitrus.

Kalsium: Kalsium adalah mineral yang digunakan untuk membentuk tulang dan gigi bayi. Jika seorang wanita hamil tidak cukup mengkonsumsi kalsium, mineral tersebut akan diambil dari tulang ibunya dan diberikan pada bayi untuk memenuhi tuntutan kehamilan, menurut Academy of Nutrition and Dietetics. Banyak produk susu juga diperkaya dengan vitamin D, nutrisi lain yang bekerja dengan kalsium untuk membentuk tulang dan gigi bayi.

Wanita hamil usia 19 tahun ke atas membutuhkan kalsium 1.000 miligram perhari; Remaja hamil, usia 14 sampai 18, membutuhkan 1.300 miligram setiap hari, menurut ACOG.

Sumber makanan: susu, yogurt, keju, jus dan makanan yang diperkaya kalsium, sarden atau salmon dengan tulang, beberapa sayuran hijau (kangkung, bok choy).

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zat besi dan protein

Zat Besi: Wanita hamil membutuhkan 27 miligram zat besi per hari, dua kali lipat jumlah yang dibutuhkan wanita yang tidak hamil, menurut ACOG. Jumlah tambahan mineral dibutuhkan lebih banyak darah untuk memasok bayi dengan oksigen. Terlalu sedikit zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi yang menyebabkan kelelahan dan peningkatan risiko infeksi.

Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, sertakan sumber vitamin C yang baik pada makanan yang sama saat mengonsumsi makanan kaya zat besi, saran ACOG. Misalnya, segelas jus jeruk saat sarapan pagi dengan sereal dengan kandungan besi.

Sumber makanan: daging, unggas, ikan, kacang kering dan kacang polong, sereal dengan kandungan besi.

Protein: Protein lebih banyak dibutuhkan selama kehamilan, namun kebanyakan wanita tidak memiliki masalah untuk mendapatkan cukup makanan kaya protein dalam makanan mereka, kata Sarah Krieger, ahli diet terdaftar dan juru bicara nutrisi pralahir untuk Academy of Nutrition and Dietetics di St. Petersburg. , Florida. Dia menggambarkan protein sebagai "nutrisi pembangun," karena membantu membangun organ penting pada bayi, seperti otak dan jantung.

Sumber makanan: daging, unggas, ikan, kacang kering dan kacang polong, telur, kacang-kacangan, tahu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.