Sukses

Komentar Menkes soal Air Kencing Unta Bisa Sembuhkan Kanker

Berikut penjelasan Menkes mengenai kabar tentang air kencing unta yang disebut-sebut bisa untuk menyembuhkan kaker.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek, menanggapi berita mengenai kencing unta yang diyakini bisa menyembuhkan kanker.

"Sederhananya, air kencing berasal dari hasil buangan ginjal. Mungkin betul kalau air kencing unta menyembuhkan kanker. Akan tetapi, kita harus tahu dulu, zat apa saja yang terkandung di dalam urine unta," kata Nila di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Pemahaman soal zat yang terkandung di dalam air kencing unta perlu diketahui, apakah ada bakteri di dalamnya atau tidak. Jika ada bakteri berbahaya, maka bakteri itu masuk ke tubuh manusia lewat minum air kencing unta.

Nila menyarankan, sebaiknya harus dipertimbangkan kembali bila ingin minum air kencing unta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Viral Minum Kencing Unta

Berita air kencing unta yang dianggap menyembuhkan kanker bermula dari video Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Bachtiar Nasir. Ia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya minum air kencing unta, yang dicampur dengan susu unta. Video itu menjadi viral.

Publik pun mempertanyakan kebenaran khasiat air kencing unta.

Video itu diunggah di akun Instagram @BachtiarNasir, yang sudah ditonton lebih dari 190.000 kali dan mendapat 1.000 lebih komentar dari warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.