Sukses

5 Alasan Pasutri yang Sudah Puluhan Tahun Nikah Putuskan Cerai

Paling tidak ada lima alasan tersering memicu pasutri yang sudah menikah puluhan tahun memutuskan bercerai.

Liputan6.com, Jakarta Keputusan cerai pasangan suami istri (pasutri) yang sudah puluhan tahun menikah kerap mengundang banyak tanya pada orang sekitar. Mereka kan pasangan serasi, cocok, rukun, jarang ada masalah, kok cerai ya? Mungkin itu yang ada di benak banyak orang.

Tak ada orang luar yang benar-benar paham akan kehidupan pernikahan pasutri dan pasang surut masalah rumah tangga yang mereka hadapi. Namun, paling tidak ada lima alasan tersering memicu pasutri yang sudah lama menikah memilih cerai. Mengutip laman Live About, Senin (8/1/2018) berikut selengkapnya.

1. Perselingkuhan

Tidak peduli sudah berapa usia seseorang, perselingkuhan selalu menjadi bayang-bayang pernikahan pasutri. Terlebih ketika hubungan pernikahan kurang intim, salah satu mungkin mencari hal yang hilang tersebut di sosok lain. 

Perselingkuhan mungkin menjadi penyebab perceraian pada pernikahan jangka panjang, tapi kenyataannya perselingkuhan hanyalah gejala dari sebuah masalah dalam pernikahan. Sayangnya, gejala ini membuat pernikahan berujung cerai.

 

 

Saksikan juga video menarik ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ingin sesuatu yang lebih baik di kehidupan

Seiring berjalannya waktu, apa yang diinginkan seseorang di awal dan sesudah puluhan tahun menikah berbeda. Saat usia 25 tahun, kemudian 55 tahun seseorang memiliki keinginan yang berbeda. Ketika tidak menemukan titik temu, perceraian dianggap jalan terbaik. 

3 dari 5 halaman

3. Keinginan untuk bebas

Keinginan untuk kembali mendapatkan kebebasan kerap menjadi alasan bercerai. Misalnya ketika seorang istri sudah kembali bekerja. Dia kembali mendapatkan penghasilan dan keuangannya stabil. Hal ini membuat seseorang berani untuk mengakhiri sesuatu dan dia kembali mendapatkan kebebasan yang selama ini dirasa direnggut.

4 dari 5 halaman

4. Merasa hampa ketika anak-anak sudah besar

Beberapa pernikahan kuat karena kehadiran anak. Begitu anak-anak menjadi dewasa dan mulai meninggalkan rumah, akan terasa kehilangan. Hal ini terjadi karena emosi yang terjalin hanya berfokus untuk membesarkan anak-anak. Ketika anak-anak sudah besar, emosi yang terjalin sudah tidak ada.

"Banyak pasangan yang kemudian bertanya-tanya, tanpa anak-anak apa yang kita miliki sekarang," kata pekerja sosial klinis asal Amerika Serikat, Danielle Horwich. 

"Beberapa pasangan akan melihat transisi ini sebagai kesempatan yang bersemangat untuk memulai petualangan baru. Yang lain, malah merasa tidak saling mengenali dan memahami pasangan yang mereka nikahi," kata Horwich.

 

5 dari 5 halaman

5. Pensiun dan terlalu banyak waktu bersama

Mungkin pasangan merasakan bosan dengan pasangannya atau sudah merasa terbiasa. Terlebih mereka sudah menghabiskan waktu puluhan tahun untuk membangun rumah, menapaki karier, dan membesarkan anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini