Wajib Coba, 4 Tips Bagi yang Sulit Bangun Pagi

Oleh Benedikta Desideria pada 06 Jan 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 08 Jan 2018, 17:13 WIB
Tidur

Liputan6.com, Jakarta Saat masih sekolah, bangun pagi rasa-rasanya tak terlalu jadi masalah. Namun, saat sudah kuliah dan bekerja banyak yang sudah tidur sebelum pukuk 12, untuk bangun sebelum pukul 7 adalah beban berat.

Bagi Anda yang ingin kembali bisa bangun pagi, berikut empat tips wajib coba seperti mengutip Women's Health, Sabtu (6/1/2018).

1. Turunkan suhu kamar sebelum tidur

"Agar bisa cepat tidur dan tidur dalam, sebelum tidur pastikan suhu tubuh menurun," kata profesor neurosains dari University of Massachusetts Amherst, Rebecca Spencer.

Caranya dengan mandi dengan air tidak terlalu hangat di malam hari dan mengatur suhu pendingin kamar di suhu sejuk agar bisa tidur lebih nyenyak. Bila Anda sukses tidur cepat, kemungkinan bangun pagi lebih besar. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 of 2

Segera buka gorden saat pagi

Gorden Rumah
Buka gorden agar segera bisa bangun pagi Foto: Net

2. Bikin kamar temaram

Jam internal tubuh dikendalikan oleh cahaya. Itu sebabnya satu jam sebelum tidur pastikan sudah mematikan TV, ponsel, dan gawai lainnya.

3. Setop cek email di malam hari

Saat hari sudah malam merupakan waktunya untuk beristirahat. Nah, lebih baik sudahi pekerjaan kantor seperti membaca email karena esok pagi masih bisa dikerjakan. Atau tidak perlu membaca novel karena membuat Anda ingin membuka lembar selanjutnya lagi dan lagi.

"Semua hal itu menyebabkan rangsangan mental (yang membuat sulit untuk tidur)," kata Spencer.

4. Segera buka gorden saat pagi

Pertama kali bangun, segera buka gorden agar bisa merasakan matahari pagi. Kehadiran cahaya membuat Anda jadi 'bangun' untuk segera beraktivitas.

Lanjutkan Membaca ↓