Sukses

Bapak Kedokteran Benar, Jalan Kaki Adalah Obat Terbaik

Hippokrates mengatakan kepada masyarakat Yunani Kuno berjalan kaki untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Liputan6.com, Jakarta Bapak kedokteran dunia, Hippokrates pernah mengatakan bahwa jalan kaki adalah obat terbaik (walking is the best medicine). Terbukti dalam studi terbaru yang menguak manfaat jalan kaki.

Dulu, Hippokrates mengatakan kepada masyarakat Yunani Kuno untuk menjaga kesehatan fisik dan mental dengan rajin jalan kaki. Dalam studi menganalisis banyak partisipan yakni 140 ribu orang Amerika Serikat, mencoba mempertegas ucapan Hippokrates tersebut.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine menyebutkan bahwa rutin jalan kaki memang memberikan manfaat kesehatan.

Bahkan jalan kaki kurang dari rekomendasi (di bawah 150 menit per minggu) mampu meningkatkan kesehatan secara signifikan dan mengurangi risiko kematian dibandingkan orang yang malas jalan kaki.

"Pada orang tua, jalan kaki kurang dari 150 menit per minggu sudah mampu menurunkan risiko kematian dibanding orang tidak aktif," kata pemimpin studi Alpa Patel seperti mengutip Psychology Today, Jumat (5/1/2018).

Aktivitas fisik sederhana seperti jalan kaki memiliki manfaat bagus untuk kesehatan jantung. Jalan kaki 30 menit bisa menurunkan risiko wanita mengalami masalah jantung. Selain itu, rutin jalan kaki juga menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

 

Saksikan juga video menarik ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rutin jalan kaki kurangi risiko depresi

Manfaat jalan kaki tak hanya untuk kesehatan fisik, juga mental. Jalan kaki 60 menit per minggu sudah mampu menurunkan risiko depresi di masa depan seperti dipublikasikan dalam The American Journal of Psychiatry.

Hubungan jalan kaki bisa mencegah depresi masih belum jelas. Mungkin, jalan kai bisa menjadi pengalih perhatian dari aneka perasaan cemas atau khawatir. Selain itu jalan kaki juga melepaskan hormon yang memberikan rasa tenang.

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik dan mental, Patel dan kolega menyarankan kepada dokter agar mengingatkan pasiennya untuk rutin berjalan kaki.

"Petugas kesehatan sebaiknya mendorong pasien untuk berjalan kaki walau kurang dari rekomendasi. Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sempurna karena aktivitas sederhana ini murah, nyaman, dan tidak memerlukan alat atau latihan khusus serta bisa dilakukan usia berapapun," kata Patel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini