Sukses

6 Tahun Dikira Sakit Aneh, Ternyata Bungkus Saus Nyangkut di Usus

Enam tahun lamanya, seorang wanita diklaim menderita penyakit Crohn, jenis penyakit radang usus yang mengakibatkan gangguan pencernaan.

Liputan6.com, Jakarta Enam tahun lamanya, seorang wanita diklaim menderita penyakit Crohn, jenis penyakit radang usus yang mengakibatkan gangguan pencernaan.

Namun dokter kemudian menemukan fakta lain saat wanita 41 tahun tersebut menjalani operasi.

"Dua sachet plastik saus bertuliskan 'Heinz' melubangi [usus](read "") kecilnya," tutur dokter yang menolongnya, seperti dikutip Huffingtonpost, Kamis (4/1/2017).

Dan saat plastik itu diangkat, semua gejala yang dialami wanita tersebut hilang.

"Kasus ini menyoroti bahwa massa inflamasi di usus kecil yang disebabkan oleh perforasi benda asing yang tertelan dapat meniru penyakit Crohn," para peneliti menulis dalam Laporan Kasus BMJ. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak ingat menelan bungkus saus

Menurut pengakuannya, wanita itu tidak ingat berapa banyak dia makan saus hingga bungkusnya tertelan.

Menurut NHS, penyakit Crohn memiliki gejala khas seperti diare, sakit perut, kelelahan, penurunan berat badan dan darah dan lendir yang tidak disengaja.

Gejala yang biasanya dialami wanita ini bisa sampai pendarahan. Nafsu makannya enak dan tidak menurunkan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Radang usus, atau secara medis disebut colitis, merupakan suatu kondisi di mana terjadi peradangan atau inflamasi di usus.

    Radang Usus

  • Crohn’s disease atau penyakit crohn adalah kondisi gangguan kesehatan kronis yang disebabkan oleh peradangan pada lapisan sistem pencernaan.

    Crohn's Disease

  • Usus