Resolusi 2018: Makin Sehat dengan 6 Rempah Berkhasiat

Oleh Nilam Suri pada 01 Jan 2018, 08:00 WIB
Resolusi Sehat 2018

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda yang ingin lebih sehat di tahun baru 2018, ada satu cara untuk melakukannya dengan lebih mudah: tambahkan lebih banyak rempah dalam makanan.

Sering dianggap tidak penting, sebenarnya ada sangat banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam rempah-rempah bumbu masakan Anda. Tak heran jika bangsa Eropa dulu sampai rela menjelajahi dunia demi mendapatkannya.

Untuk membantu Anda jadi lebih sehat di tahun baru 2018 nanti, kami sudah memilihkan 6 rempah terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu resolusi 2018. Berikut daftarnya:

1. Kunyit

Kunyit tak hanya memberikan warna kuning pada gulai atau kari. Rempah ini juga mengandung antioksidan yang kuat dan sudah digunakan sebagai pengobatan selama berabad-abad oleh bangsa India dan Tiongkok.

Mengutip Reader's Digest, studi sebelumnya menemukan, kunyit bisa membantu mencegah Alzheimer. Di beberapa desa di India, yang banyak menggunakan kunyit, ada angka Alzheimer yang sangat rendah.

Kunyit juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, mendongkrak pencernaan, dan mengurangi risiko serangan jantung.

 

 

 

 Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 of 6

2. Jahe

Jahe
Ilustrasi jahe

Studi menemukan, jahe sangat manjur dalam mencegah mabuk kendaraan, terutama rasa mual. Sebagai tambahan, rempah ini juga bisa mengatasi rasa mual dan muntah-muntah akibat kehamilan.

Agar bisa mendapatkan efek menenangkan dari jahe, cukup tambahkan dua sendok teh parutan jahe ke dalam secangkir air hangat.

Jahe juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut gingerol, yang bisa membantu mengurangi nyeri. Jahe juga membantu memperbaiki fungsi tubuh orang-orang dengan artitis.

3 of 6

3. Cabe merah

[Bintang] 5 Bumbu Dapur yang Ternyata Sanggup Tingkatkan Kesehatan
Cabai merah. | via: earthtimes.org

Menurut sebuah studi, cabe merah semakin mendongkrak kepopulerannya di kalangan milenial. Cabe merah kaya akan vitamin A, dan mereka bisa mengurangi nyeri, memerangi radikal bebas, menurunkan kolesterol, melegakan hidung tersumbat, dan mendongkrak imun tubuh.

Capcaisin, senyawa di dalam cabe, bisa membantu mendongkrak metabolisme dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

4 of 6

4. Kayu manis

Selain Bikin Bibir Lebih Seksi, Ini Manfaat Lain dari Kayu Manis
Ilustrasi kayu manis. (Foto: dadfashion.blogspot.co.id)

Kayu manis adalah rempah yang sangat multiguna. Tidak hanya bisa digunakan dalam masakan, rempah berbau wangi ini juga bisa Anda tambahkan dalam minuman atau bahkan camilan manis.

Menurut US News, menaburkan kayu manis dalam kopi pagi sudah bisa mensuplai tubuh dengan asupan mangan dan serat yang dibutuhkan.

Belum lagi jika Anda memiliki diabetes, menambahkan kayu manis dalam makanan yang berkarbohidrat bisa membantu mencegah gula darah melonjak. Kayu manis juga bisa membantu tubuh merespons insulin dengan lebih baik.

Kayu manis juga bisa mencegah pembekuan darah, melegakan gangguan pencernaan, dan meningkatkan kesehatan jantung.

5 of 6

5. Bawang putih

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
Ilustrasi bawang putih

Bawang putih adalah salah satu obat flu terbaik yang sekaligus bisa meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena bawang putih bisa menurunkan kolesterol dan trigleserida. Bawang putih juga memiliki properti anti-inflamasi.

Studi telah menunjukkan, bawang putih bisa melindungi pembuluh darah dari stres oksidatif dan inflamasi.

Untuk mendapatkan efek baiknya, pastikan Anda mengonsumsi setidaknya setengah siung bawang putih setiap hari.

6 of 6

6. Oregano

[Bintang] 6 Tumbuhan Bumbu dan Rempah yang Bisa Ditanam di Dapur Rumahmu
Daun basil dan oregano. (Via: ramboproducts.com)

Oregano adalah rempah yang banyak digunakan dalam masakan mediterani dan Italia. Sejumput oregano sudah bisa memperkaya rasa pasta dan pizza.

Satu sendok teh oregano kering adalah sumber vitamin A dan serat yang sangat kaya. Selain itu, rempah ini juga kaya akan antioksidan. Jumlah antioksidan dalam satu sendok teh oregano sama besarnya dengan yang ada dalam tiga cangkir bayam.

Terlebih lagi, oregano juga mengandung anti-bakteri yang kuat, terutama melawan kuman di dalam perut.

Lanjutkan Membaca ↓