Makan Keju Penyebab Mimpi Buruk?

Oleh Fitri Syarifah pada 30 Des 2017, 14:00 WIB
Konsumsi Keju Bisa Bikin Anak Tambah Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah orang percaya, makan keju bisa memberi Anda mimpi buruk. Meskipun ini persepsi umum, tidak banyak studi yang menyebut kesimpulan tersebut.

"Belum banyak penelitian soal pengaruh makanan terhadap mimpi buruk," kata ahli gizi Joy Dubost, RD, seperti dimuat Prevention, Sabtu (30/12/2017).

Meski demikian, salah satu penelitian tentang pengaruh keju dan mimpi buruk yang paling banyak dikutip berasal dari British Cheese Board. Padahal, tidak ada bukti yang mendukung studi tersebut.

Tapi para peneliti ketika itu melangkah lebih jauh untuk menunjukkan berbagai jenis keju dan keluaran impian mereka. Seperti misalnya, ingin bermimpi tentang selebriti? Pilih cheddar.

Begitu pun dengan penelitian lain. Sebagai contoh merujuk pada penelitian tahun 2015 yang menemukan bahwa 18% orang percaya bahwa makanan dapat mempengaruhi mimpi mereka. Dan susu dan olahannya, termasuk keju dianggap sebagai "pelaku" potensial mimpi buruk.

 

 

Simak video berikut ini:

 

2 of 2

Sugesti?

Cheese Tea, Minuman Unik Bagi Pecinta Keju
Untuk Anda penggemar berat keju, dijamin jatuh cinta dengan cheese tea yang satu ini.

Jadi apa yang mungkin terjadi di sana? Mungkin saja itu hanya persepsi, kata periset. Dan ilmuwan menyebut ini "hipotesis tekanan makanan," dan mengatakan hal itu dapat terjadi karena makanan ini dianggap memicu gangguan pencernaan.

Faktanya, susu dapat menyebabkan gejala seperti gas, kembung, dan kram pada orang dengan sensitivitas laktosa atau intoleransi . Dan itu, tentu saja, bisa berpengaruh pada mimpi.

Kemungkinan lain? Mungkin bukan apa yang Anda makan, tapi seberapa banyak Anda makan.

"Mengonsumsi banyak makanan terutama yang tinggi lemak dan pedas, bisa menyebabkan masalah tidur," kata Dubost.

Lanjutkan Membaca ↓