Sukses

Kemenkes Siapkan 913 Pos Kesehatan Selama Libur Tahun Baru

Letak pos kesehatan yang telah disiapkan kemenkes selama libur tahun baru

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menyiapkan 3.854 fasilitas kesehatan (faskes) selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Ribuan faskes ini terdiri dari 2.228 Puskesmas, 374 rumah sakit, 207 kantor kesehatan pelabuhan (KKP), 132 Public Safety Center (PSC), dan 913 pos kesehatan.

Untuk pos kesehatan yang telah dipersiapkan sejak 22 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018 tersebar di sejumlah titik. Dari rest area, terminal, pelabuhan laut, dan bandar udara.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan koordinasi dengan banyak pihak, dari Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan Dinas Kesehatan setempat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saran untuk Pemudik

Namun, perlu dipahami oleh para pemudik adalah, pos kesehatan ini sifatnya bukan permanen, melainkan untuk pertolongan pertama saja. Sekiranya pemudik tersebut membutuhkan pertolongan lebih lanjut, akan segera dirujuk ke faskes tingkat lanjut terdekat.

Walaupun Kemenkes RI telah menyediakan pos-pos kesehatan, ada baiknya para pemudik untuk menjaga kesehatan diri masing-masing. Upayakan agar tubuh senantiasa fit selama dalam perjalanan.

Kemenkes mengingatkan untuk rajin istirahat setiap empat jam sekali untuk yang perjalanan jauh. Cari tempat istirahat atau rest area, dan ambil waktu untuk tidur minimal 30 menit. Tidak lupa untuk selalu menjaga kebersihan.

Sedangkan untuk pengemudi, ada baiknya melakukan pemeriksaan terlebih dulu agar perjalanan tidak menemukan kendala apa-apa. Lagipula, tak ada salahnya memanfaatkan pemeriksaan kesehatan bagi pemudi yang biasanya disediakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.