Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Keuntungan Sering-Sering Ciuman di Hari Natal

Studi 2015 menemukan bahwa sering-sering ciuman di perayaan Natal baik untuk tubuh kita

Liputan6.com, Jakarta Sebelumnya, ilmuwan dari Belanda menyebut, terlalu sering ciuman di perayaan Natal tidak baik. Menurut mereka, ciuman bisa menjadi sumber penyakit karena bisa menstransfer 80 juta bakteri penyebab penyakit.

Namun, ahli mikrobiologi, Remco Kort, justru berpendapat sebaliknya. 

Seperti dikutip dari situs Chicagotribune, Senin, 25 Desember 2017, kontroversi penelitian Belanda membuat para ahli ingin angkat bicara. Jelang Natal seperti sekarang ini, ahli mikrobiologi Remco Kort justru mengatakan ber-ciuman bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciuman Saat Natal

"Ketika berciuman, sebenarnya ada indikasi bahwa hal ini sebenarnya baik untuk kesehatan. Karena dengan mentrasfer bakteri, maka akan lebih banyak spesies yang memberikan perlawanan terhadap invasi organisme mikro penyebab penyakit," kata Remco.

Remco menambahkan, mikro-organisme dalam tubuh sebenarnya sangat penting untuk mencerna makanan dan mencegah penyakit sehingga ciuman merupakan bakteri sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.