6 Makanan Ini Malah Bikin Tambah Lapar, Apa saja?

Oleh Melly Febrida pada 20 Des 2017, 17:30 WIB
Makanan yang Bikin Tambah Lapar

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa lapar dalam waktu setengah jam atau lebih padahal baru makan banyak? Jika iya, mungkin makanan yang Anda konsumsi masuk dalam daftar makanan yang tak bisa mengatasi rasa lapar setelah mengonsumsinya.

Apa saja? Berikut rinciannya seperti dilansir Indiatoday, Rabu (20/12/2017):

1. Keju

Keju kubus mungkin terlihat seperti makanan ringan yang sehat. Padahal, sedikit keju bisa meningkatkan nafsu kakan.

Menurut Julieanna Hever, penulis The Vegiterranean Diet dan The Complete Idiot's Guide to Plant-Based Nutrition, keju yang merupakan bentuk konsentrat susu memiliki efek seperti opiat pada kita. Ini membuat kita menginginkan lebih dari sekedar sebuah kubus keju.

2. Jus

Kita minum jus untuk beberapa alasan. Anda mungkin berasumsi rezim penurunan berat badan Anda bergantung pada jus buah, tapi sebenarnya, ini bisa membahayakan diet Anda dalam jangka panjang.

Sebagian besar jus mengandung kadar gula tinggi. Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak jus buah, kadar gula darah Anda akan naik sementara. Tapi begitu jus dicerna - yang terjadi cukup cepat - Anda akan merasa lebih lapar dari sebelumnya!

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

2 of 3

3. Makanan ringan asin

Ilustrasi makanan ringan asin
Ilustrasi makanan ringan asin

Camilan paling asin memiliki kelebihan natrium, yang menghilangkan kelembaban dari makanan yang Anda makan. Makan terlalu banyak makanan ringan ini akan meningkatkan rasa lapar dan haus. Anda pasti akan makan lebih banyak dari yang semula Anda inginkan.

4. Putih telur

Banyak yang memberitahu putih telur adalah sumber protein yang baik, sedangkan kuning telur bisa menambah kadar kolesterol. Padahal putih dan kuning sama-sama memberikan pasokan protein dan lemak seimbang. Anda juga akan merasa lapar lagi jika mengonsumsinya.

3 of 3

5. Yogurt rendah lemak

Ilustrasi yoghurt
Ilustrasi yoghurt (iStockphoto)​

Ketika Anda mengonsumsi yogurt kemasan, mau itu berlabel rendah lemak atau bebas lemak dari supermarket demi diet, yang Anda dapatkan adalah tambahan gula. Terlebih lagi, kekurangan lemak dalam yogurt ini benar-benar akan membuat tubuh Anda akan merasa lapar, dan mungkin akan menghabiskan banyak makanan ringana.

6. Granola Bar

Kebanyakan bar granola yang tersedia di pasaran terbuat dari minyak gula dan hidrogenasi. Banyak yang mengklaim kalori mereka kurang, dan memang begitu, karena mereka kekurangan nutrisi paling penting. Tubuh Anda bisa ditipu untuk sementara waktu untuk percaya bahwa Anda telah menghabiskan sesuatu yang mengenyangkan, tapi bukan itu masalahnya.

Begitu gula, meski buatan, ketika sudah dicerna Anda akan kembali merasa lapar. Jadi, yang terbaik adalah tidak mengganti makanan lengkap dengan hanya granola bar.

Tubuh kita biasanya mencoba memberi tahu kita nutrisi apa yang kita kurangi melalui nafsu kita. Jika Anda merasa lapar dan tidak puas setelah makan kudapan atau makan besar, coba lihatlah apa yang baru Anda makan

Lanjutkan Membaca ↓