Sukses

Jus Wortel atau Wortel Utuh, Mana Lebih Sehat?

Jus wortel segar mengandung fitokimia antikanker dan vitamin yang mudah diserap oleh tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Ingatlah bahwa manfaat terbaik jus akan tubuh rasakan saat buah dan sayur yang menjadi bahan utamanya dalam kondisi segar.

Lalu apa saja kandungan gizi dalam wortel utuh dan jus wortel?

Berdasarkan Stanford Health Care, jus segar mengandung fitokimia antikanker dan vitamin yang mudah diserap oleh tubuh. Satu cangkir jus wortel atau seledri mengandung jumlah nutrisi yang sama dengan 5 cangkir wortel yang dipotong-potong.

Menurut departemen pertanian dan nutrisi Amerika Serikat, secangkir jus wortel mengandung 94 kkal, 2,24 gram protein, 0,35 gram lemak, 21,9 gram karbohidrat dan 1,9 serat dan 9 gram gula.

Lalu, sejumlah vitamin dan mineral yakni: 689 mg kalium, 20,1 mg vitamin C, 0,217 mg thiamin, 0,512 mg vitamin B-6, 2,256 mikrogram vitamin A dan 36,6 mikrogram vitamin K.

Sementara 1 cangkir wortel utuh mengandung 3,5 gram serat dan 6 gram gula. Jadi silakan memilih ingin mengonsumsi wortel dalam bentuk utuh atau jus. Demikian seperti dilansir Medical News Today dan Stanford Health Care.

(Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews) 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikukus atau direbus?

Konsumsi wortel segar dengan cara dijus atau dikonsumsi utuh bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi Anda yang ingin mendapat manfaat serat, bisa mengonsumsinya utuh. 

Lantas, bagaimana dengan cara memasak wortel yang baik agar kita tetap mendapatkan nutrisi terbaiknya? 

Profesor bidang pangan dari University of Parma, Italia, Nicoletta Pellegrini dan kolega mencoba memasak wortel dengan direbus, dikukus dan digoreng. Hasilnya jika ingin mendapatkan asupan nutrisi karotenoid jawabannya adalah dengan direbus.

"Merebus wortel mampu membuat karotenoid keluar dari struktur sel, tapi bukan berarti larut ke air," kata Pellegrini mengutip laman Time.

Kandungan karotenoid dalam wortel dipercaya dapat menangkal radikal bebas dan zat-zat buruk lainnya yang berasal dari luar tubuh.

Bila ingin mendapatkan kandungan sehat yang lain seperti vitamin C dan antioksidan sebaiknya tidak direbus, melainkan dikukus.

"Bila ingin mendapatkan nutrisi dari sayuran kaya polifenol (salah satu jenis antioksidan) seperti wortel sebaiknya dimasak dengan dikukus," saran Pellegrini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.