Sukses

Hal Sepele yang Bikin Puting Payudara Terasa Gatal

puting payudara 5 Hal yang Membuat Puting Payudara Sering Gatal

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak gelisah jika salah satu bagian tubuh Anda gatal. Apalagi gatal menyerang di wilayah yang sangat sensitif, seperti puting payudara.  Mau digaruk terus, malu. Enggak digaruk, tapi rasanya sangat mengganggu.

Tapi, apa iya setelah puting payudara digaruk, lalu menyelesaikan masalah? Tentu saja itu hanya sementara dan rasa gatal akan kembali muncul.

Aktivitas Anda yang padat merayap pun akan terkendala karena gatal membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Belum lagi kalau nanti berdampak pada iritasi di bagian tersebut

Penyebab gatal pada puting payudara bisa terjadi karena berbagai sebab. Mulai dari tumpukan keringat, bra yang terlalu sempit, atau pengaruh sabun atau deterjen yang membuat kulit di sekitar puting jadi lembap.

Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes, ada beberapa penyebab lain kenapa puting payudara sering terasa gatal. Temukan jawaban serta cara ampuh dalam mengatasinya, seperti dilansir dari Klikdokter, Rabu (13/12/2017). 

 

Simak juga video menarik berikut : 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kontak dermatitis

Kontak dermatitis adalah keadaan peradangan yang disebabkan karena kulit alami kontak dengan bahan tertentu, bahan ini dapat bersifat iritatif atau alergen. Contohnya yaitu pembilasan detergen yang tidak baik saat mencuci baju dapat menimbulkan kontak dermatitis pada puting.

2. Eksim

Eksim adalah kondisi kulit (termasuk puting payudara) dengan tanda yaitu penampakan kering, bersisik, merah, gatal, bahkan dapat menyebabkan berdarah. Puting dengan eksim rentan terkena infeksi.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mencegah kulit di sekitar payudara mongering. Caranya dengan mengurangi durasi mandi, pilih sabun mandi yang tidak membuat kering, dan menggunakan pelembap.

3. Kanker payudara

Keganasan atau kanker pada payudara dapat menyebabkan gatal pada puting, meskipun hal ini jarang menjadi keluhan utama. Paget’s disease adalah contoh keganasan payudara dengan gejala menyerupai eksim yang menyerang puting payudara.

Jika memiliki gejala serupa eksim yang tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

 

 

 

3 dari 3 halaman

4. Jogger’s Nipple

Jogger’s nipple (puting pelari) merupakan keadaan yang sering menimpa pelari atau olahragawan. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara puting dan baju saat beraktifitas, sehingga menimbulkan gejala puting gatal, kering, atau lecet.

Karena disebabkan oleh gesekan, kondisi ini dapat dihindari dengan penggunaan pembatas seperti petroleum jelly atau krim lainnya.

5. Kehamilan dan menyusui

Wanita yang sedang hamil dan menyusui ternyata lebih rentan terkena eksim. Karena itu, wanita yang sedang hamil dan menyusui dianjurkan untuk menjaga kelembapan puting dan mencegahnya menjadi kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.