Sukses

Cukup dengan Kompres Es, Lemak di Bawah Perut Terbakar

Ditemukan cara baru membakar lemak di perut bagian bawah, yaitu dengan mengompres es.

Liputan6.com, Jakarta Mengompres anggota tubuh dengan es batu biasa dilakukan saat suhu badan tinggi. Namun sekarang dapat digunakan untuk melunturkan lemak di area perut.

Dokter Dyah Novita Anggraini dari Klik Dokter menjelaskan mengapa metode itu efektif mengurangi lemak di perut. Berdasarkan sebuah teori disebutkan bahwa tubuh yang terpapar dingin dapat mengubah lemak cadangan dalam bentuk lemak putih atau lemak jahat menjadi lemak baik.

Lemak putih yang berfungsi sebagai cadangan ini tersebar di jaringan di bawah perut. Lemak ini punya peran sebagai penyimpanan energi, dalam bentuk trigliserida, dari makanan yang dikonsumsi dan akan digunakan kemudian hari.

Lemak jahat ini berbeda sekali dengan lemak cokelat, yang umum banyak terdapat pada bayi baru lahir. Sementara pada orang dewasa, lemak yang bertugas membakar lemak sebagai cadangan energi di dalam tubuh untuk menghasilkan panas berada di punggung atas, bahu, dan sepanjang tulang belakang.

"Lemak cokelat juga berfungsi menjaga suhu tubuh tetap stabil," kata Dyah seperti dikutip dari situs Klik Dokter pada Senin, 11 Desember 2017.

 

Simak juga video menarik berikut : 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Mengompres Es Tidak Terlalu Efektif

Namun yang perlu digarisbawahi dari metode melunturkan lemak dengan cara mengompres es ke area tubuh tidak punya pengaruh yang banyak. Justru metode ini bisa menimbulkan efek samping kayak memar, mati rasa, atau kesemutan.

Menurut Dyah, untuk hasil yang maksimal dapat digunakan metode pendinginan lemak secara profesional. Biasa dilakukan oleh dokter profesional, yang kita kenal dengan prosedur criolipolisis.

Pada proses pengerjaannya, suhu yang dipakai bisa mencapai empat derajat celcius. Dengan suhu yang sebesar itu dan dikerjakan tangan para ahli, bisa membuat lemak tubuh mengkristal dan mati. Sel lemak itu akan keluar melalui keringat, urine, dan feses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.