Sukses

Diabetes dan 4 Fakta Penyebab Bau Kaki Lainnya

Bau kaki dapat disebabkan berbagai faktor, salah satunya diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Bau kaki dapat disebabkan berbagai faktor. Namun, bau kaki biasanya disebabkan oleh pemakaian kaus kaki dan sepatu yang terlalu lama. Tapi tidak cuma itu, bau kaki juga bisa disebabkan faktor lainnya.

Menurut laman Bustle, Selasa (5/12/2017), banyak hal dapat menyebabkan bau kaki, misalnya akibat perubahan hormon. Dr Lisa Ashe dari Medical Director of BeeWell Medicine mengatakan, perubahan hormon dapat menyebabkan keringat berlebih, bau badan dan bau kaki.

Selain perubahan hormon, bau kaki juga bisa disebabkan oleh kondisi berikut.

1. Stres

Dr Ashe mengatakan, saat mengalami stres, orang cenderung akan berkeringat lebih banyak dan mengalami bau kaki. Untuk mengatasinya, cobalah untuk meredakan stres agar pada gilirannya bau kaki akan menghilang.

2. Diabetes

Menurut laman Huffington Post, bau kaki juga bisa menunjukkan gejala diabetes.

"Bila diabetes tidak diobati, mungkin saja kita mengalami apa yang disebut diabetes ketoasidosis. Tanpa insulin yang cukup, tubuh mulai memecah lemak untuk bahan bakar, yang menyebabkan terbentuknya keton di dalam tubuh. Penumpukan itu pada gilirannya dapat menghasilkan perubahan bau badan dan anggota tubuh lainnya," menurut Mayo Clinic.

Jika mengalami hal di atas, mungkin itu merupakan tanda untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Hamil

Saat hamil, biasanya wanita akan mudah mengalami stres dan perubahan hormonal. Hal ini dapat menyebabkan wanita mudah berkeringat, terutama pada kaki.

"Namun hal ini bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Hal ini akan membuat kaki Anda lebih bau dari kondisi biasanya. Cobalah pijat kaki Anda dengan minyak aromaterapi atau losion untuk mengatasinya," kata ahli dari Web MD.

4. Kekurangan nutrisi

"Terlalu banyak mengonsumsi junk food dapat menyebabkan timbulnya bau kaki," kata penulis dan chef makanan sehat Liana Werner Gray.

Menurut Gray, junk food dapat menciptakan racun dalam tubuh yang dapat menimbulkan bau, salah satunya bau kaki. Saran dia, konsumsi makanan sehat untuk menjadikan bau kaki lebih natural.

5. Sirkulasi tidak lancar

"Salah satu penyebab munculnya bau kaki adalah sirkulasi darah yang tidak lancar," kata Gray. Dia mengatakan, cara meningkatkan sirkulasi darah adalah dengan dua menit melakukan gerakan rebounder di pagi hari, melakukan latihan kardio atau sauna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Bau Kaki