Sukses

Seperti Ini Sebenarnya Pola Makan Bondan Winarno

Bondan Winarno dikenal sudah pernah mencicipi aneka lezat Nusantara. Namun, dalam kehidupan sehari-hari seperti ini makanan yang dia santap.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tokoh kuliner Indonesia, Bondan Winarno, meninggal dunia pada Rabu (29/11/2017) di usia 67 tahun. Namanya populer setelah menjadi pembawa acara kuliner di sebuah stasiun televisi swasta.

Dalam ingatan masyarakat, Bondan Winarno dikenal sebagai orang yang sudah mencicipi aneka makan lezat dari seantero Nusantara. Walau begitu, dalam keseharian dia menjalankan pola makan sehat.

Bondan Winarno sempat bercerita kepada Health-Liputan6.com di 2015, bahwa sejak usia 55 dia mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Bondan mengawali hari dengan makan buah seperti pepaya.

Baru, pada makan siang ayah dari Gwen Winarno ini makan berat. Dia sering menjadikan nasi merah, singkong, roti gandum, roti pita sebagai sumber karbohidrat. Salah satu makanan yang dia suka saat makan siang adalah paduan trancam dan singkong rebus atau salad dengan roti pita.

Di sore hari, dia akan camilan sehat seperti havermut atau oatmeal. Lalu di pukul lima sore dia akan menyantap aneka kacang-kacangan. Bondan Winarno mengaku gemar makan kacang almond.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan malam lebih awal

Saat makan malam, Bondan Winarno makan lebih awal, yakni 18.30. Sengaja dipilih jam itu agar fungsi pencernaan bekerja dengan baik.

Setelah pukul 19.00, dia mengurangi asupan cairan yang masuk ke tubuh. Jika pun minum hanya seteguk untuk memasahi kerongkongan.

"Tak banyak minum pada malam hari karena saya sudah tua. Kandung kemih sudah lemah, kalau saya banyak minum nanti baru dua jam tidur terbangun. Padahal, tubuh butuh waktu empat jam nonstop tidur untuk mencerna makanan," ucap Bondan saat itu.

Walau terapkan pola makan sehat, Bondan pun tak menolak makanan nikmat lain. Sesekali pria asal Surabaya ini masih menikmati makanan Padang.

Itulah cerita Bondan semasa hidup. Kini, sosok yang dikenal dengan 'Maknyus'-nya itu telah tiada. Selamat jalan, Bondan Winarno...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini