Budayawan Butet Ucapkan Selamat Jalan pada Bondan Winarno

Oleh Gabriel Abdi Susanto pada 29 Nov 2017, 10:37 WIB
Diperbarui 29 Nov 2017, 10:37 WIB
Bondan Winarno
Perbesar
Pakar kuliner Bondan Winarno.

Liputan6.com, Jakarta Pemain teater yang juga terkenal dengan gaya monolognya, Butet Kartaredjasa, mengucapkan selamat jalan atas meninggalnya tokoh kuliner Indonesia, Bondan Winarno, di laman Facebook-nya sembilan menit lalu sebelum tulisan berita ini dibuat.

"SELAMAT JALAN mas Bondan Winarno. Ntar kita lanjut menguji kecerdasan lidah di sono. Sampaikan salam ke Pak Kayam dan Pak Bagong," begitu tulis Butet sambil berharap jiwa mantan wartawan ini bisa bertemu dengan Budayawan Umar Kayam dan ayahanda Butet sendiri yang juga seniman terkenal di Kota Yogyakarta, Bagong Kussudiardja.

 

Belum diketahui penyebab meninggalnya Bondan Winarno. Pihak keluarga maupun rumah sakit belum bisa dihubungi hingga saat ini. Kabar yang beredar, Bondan meninggal setelah operasi jantung.

Saksikan video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ternyata gagal jantung

Akhirnya baru diketahui, mantan wartawan ini meninggal karena mengalami gagal jantung dan pembengkakan otot jantung atau yang disebut abses myocardium. Berdasar surat atau sertifikat kematian yangd dibuat Rumah Sakit Harapan Kita yang diperoleh wartawan  Liputan6.com, Rabu (29/11) siang, Bondan mengalami infeksi bakteri di bagian lapisan dalam jantung. 

Humas RS Jantung Harapan Kita, Anwar menyebutkan, Bondan menjalani operasi jantung pertama kali di RS Harapan Kita, Jakarta, pada September 2017. "Operasi pertama pada September. Selesai, lalu dipulangkan," kata Anwar. Masuk rumah sakit yang sama lagi serta menjalani operasi jantung pekan lalu.

"Masuk lagi November, sekitar minggu lalu dioperasi jantung," kata Anwar.  Usai menjalani operasi jantung, Bondan menjalani perawatan di ICU RS Harapan Kita, Jakarta. "Sempat dirawat di ICU, kemudian hari ini meninggal dunia," ucapnya.

 

Bondan Winarno
Perbesar
Surat Keterangan Kematian Bondan Winarno (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)
Lanjutkan Membaca ↓