Sukses

Trik Cerdik Hentikan Perut Berbunyi

Ada cara menghentikan perut berbunyi sehingga Anda pun merasa nyaman dan tidak terganggu dengan suara perut.

Liputan6.com, Jakarta Perut berbunyi seringkali dianggap karena lapar. Anda mungkin merasa terganggu dan malu saat perut mengeluarkan bunyi.

Apalagi bila perut berbunyi di tengah waktu-waktu pertemuan dengan rekan kantor. Kesannya Anda kelaparan. Padahal, ketika Anda sudah makan pun, perut tetap bisa mengeluarkan bunyi.

Ada cara cerdik menghilangkan bunyi perut. Kepala Gastroenterologi Anish Sheth di University Medical Center of Princeton menyarankan, Anda harus cukup makan camilan, dilansir dari Men's Health, Rabu (29/11/2017).

Tak ada salahnya sedikit mengemil walaupun Anda sudah makan. Cukup makan beberapa gigitan makanan akan menghentikan perut yang  berbunyi.

Minum air atau cairan lainnya bisa efektif menghentikaan perut berbunyi, tapi tidak secepat makanan. Jika ingin menghindari perut berbunyi, Anda bisa mengemil beberapa jam sebelum makan besar.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi borborygmi

Secara fisiologis, perut berbunyi termasuk normal. Kondisi ini disebut borborygmi, yang membuat usus berfungsi menyapu sisa-sisa makanan.

Gerakan usus yang menyapu ini dikenal sebagai migrating motor complex (MMC). Hal ini demi mempersiapkan usus untuk mengolah makanan yang dicerna selanjutnya, menurut Very Well.

Namun, jika Anda tidak pernah mendengar perut berbunyi atau suara tersebut menghilang, sebaiknya periksakan diri ke dokter segera.

Hal ini bisa pertanda adanya gangguan pada saluran pencernaan. Misal, sakit perut dan konstipasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.