Sukses

Hikmah Prosesi Mangupa bagi Kahiyang Ayu

Salah satu prosesi adat yang dijalani Kahiyang Ayu yaitu prosesi Mangupa

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Kahiyang Ayu masih menjalani serangkaian prosesi adat Mandailing. Upacara adat tersebut digelar di Bukit Hijau Residence, Medan, Sumatera Utara. 

Salah satu prosesi adat yang dijalani Kahiyang Ayu yaitu prosesi Mangupa. Upacara ini merupakan istilah raja dan ratu sehari bagi kedua mempelai. Saat menjalani upacara Mangupa, pengantin diagungkan bak raja dan ratu.

Upacara ini dilakukan dengan memberikan hidangan kepada kedua mempelai. Prosesi ini mengandung arti bahwa keluarga mendoakan keduanya bahagia.

Hidangan yang diberikan bisa bermacam-macam. Namun pemilihan hidangan tersebut memberikan arti tersendiri. Dalam upacara Mangupa yang dijalani Kahiyang, disebutkan bahwa hidangan yang disajikan antara lain nasi, ayam dan telur.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ayam, nasi dan telur

Hidangan yang diberikan kepada mempelai saat menjalani upacara Mangupa tentunya mengandung arti penting bagi keduanya. Hal ini merupakan doa-doa yang diberikan oleh keluarga dan anggota suku itu sendiri.

Makna hidangan telur dalam upacara Mangupa tersebut memiliki kesakralan, yakni menyatukan dua pribadi yang berbeda.

Selain itu, warna kuning dan warna putih dalam telur melambangkan emas dan perak yang berarti kekayaan. Diharapkan setelah menikah pasangan ini bisa memperoleh rezeki yang bagus.

Selain telur, ayam yang dihidangkan dalam upacara tersebut juga memiliki arti tersendiri. Ayam dianggap sebagai lambang yang baik dalam merawat anak-anaknya. Seperti induk ayam, yang selalu menjaga dan mengawasi anak-anaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.