Sukses

Gerakan Sederhana yang Bikin Lutut Bisa Kembali Ditekuk

Ada gerakan sederhana yang patut dicoba agar lutut kembali bisa ditekuk dan tidak terasa nyeri lagi.

Liputan6.com, Jakarta Ada gerakan sederhana yang membuat lutut bisa ditekuk kembali setelah terasa kaku atau nyeri. Gerakan ini bisa dilakukan dengan mudah dan berguna agar aliran darah di lutut lancar.

Caranya, angkat satu ke kaki ke kursi atau media lain, yang agak tinggi. Lakukan gerakan naik-turun secara perlahan. Lalu lakukan gerakan yang serupa dengan kaki satunya lagi. Tujuan dari gerakan naik-turun akan meregangkan otot di lutut.

Otot di lutut pun menjadi lebih rileks. Saran latihan gerakan ini disampaikan terapis pijat kesembuhan, Prianto Halim saat saat ditemui di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

"Iya, lakukan saja gerakan (naik-turun) seperti itu. Jadi, kalau jongkok, misalnya, tidak sakit lagi. Lebih baik dilakukan tiap hari juga," jelas Prianto.

Waktu terbaik untuk melakukan gerakan tersebut, menurut Prianto di pagi hari sambil berjemur (di bawah sinar matahari pagi). Ini membantu lutut pulih.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lutut kembali pulih

Latihan gerakan naik-turun untuk memulihkan lutut terbilang ampuh bila seseorang sudah dipijat. Kondisi lutut yang sulit ditekuk membuat seseorang tidak nyaman.

Namun begitu, Anda mungkin perlu memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan medis yang akurat dapat mengetahui secara rinci, penyebab lutut Anda tidak bisa ditekuk.

Namun, jika Anda enggan ke rumah sakit, pijatan dengan terapis bisa dilakukan. Setelah dipijat, gerakan naik-turun ini menjadi upaya pemulihan lutut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.