Lutut Juga Bisa Masuk Angin?

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 25 Nov 2017, 09:00 WIB
Diperbarui 25 Nov 2017, 09:00 WIB
Lutut
Perbesar
Lutut tidak bisa ditekuk karena masuk angin.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah merasa lutut sulit untuk ditekuk. Padahal, Anda tidak melakukan aktivitas berbahaya atau terkena cedera.

Jika memaksakan ditekuk, Anda akan merasa kesakitan dan nyeri. Saking nyerinya, Anda akan menghindari posisi yang memungkinkan lutut harus ditekuk. Misal, berjongkok atau duduk dengan menekuk lutut di lantai.

Lantas apa yang menyebabkan lutut sulit ditekuk? Kesulitan menekuk lutut ternyata bukan disebabkan pegal-pegal atau penyakit tertentu lain. Tapi lutut juga bisa masuk angin.

"Itu karena angin yang masuk. Lutut tak bisa ditekuk, tidak berhubungan juga dengan bobot tubuh yang mungkin gemuk. Yang mengakibatkan kaki harus menopang tubuh dengan berat. Bukan karena itu juga. Tapi karena ada angin yang masuk," kata Prianto Halim, terapis pijat kesembuhan saat ditemui di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Jumat (24/11/2017).

Masuk angin ini berujung pada penyumbatan aliran darah yang mengalir di lutut. Otot di lutut tidak rileks. Aliran darah yang lancar akan membuat lutut bisa ditekuk.

 

Simak video menarik berikut ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lakukan pijatan

Untuk memulihkan kondisi lutut, Prianto melakukan pijatan di titik-titik saraf, yang bisa menyebabkan lutut tidak bisa ditekuk. Ia memijat punggung kaki, kemudian ke area lutut.

Titik pijat tepat di persendian samping, di dekat lutut. Setelah dipijat, Prianto mengakui, pasiennya merasa membaik dan perlahan-lahan bisa menekuk.

Walaupun belum sepenuhnya menekuk, adanya pijatan mampu mengurangi rasa nyeri. Pasien dapat menekuk lututnya sendiri.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya