Berbagai Warna Kotoran Telinga dan Artinya Bagi Kesehatan

Oleh Melly Febrida pada 20 Nov 2017, 08:00 WIB
Diperbarui 20 Nov 2017, 08:00 WIB
Alat Penyedot Kotoran Telinga, Perlukah?
Perbesar
Saat membersihkan kuping, warna kotoran telinga ternyata bisa memberikan sinyal tentang kondisi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Kotoran telinga mempunyai fungsi pelindung dan bisa mengindikasikan kondisi kesehatan seseorang. Dan warna kotoran telinga bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.

Laman Brightinside, Senin (19/11/2017), menuliskan arti beberapa warna kotoran telinga:

1. Warna abu-abu

Apabila kotoran telinga berwarna abu-abu tanpa gejala lain, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mungkin hanya debu saja. Warna kotoran ini biasanya dialami penduduk yang tinggal di kota yang udaranya tercemar.

2. Telinga dengan bekas darah

Apabila Anda melihat bekas darah saat membersihkan telinga, ini bisa menunjukkan gendang telinga berlubang. Dalam kasus ini, telinga Anda bisa terkena infeksi, yang dapat menyebabkan otitis dan akibatnya memburuknya pendengaran Anda.

Apabila seperti ini segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

2 dari 3 halaman

3. Warna coklat

Keluarkan Kotoran di Telinga Gunakan Pinset
Perbesar
Ilustrasi kotoran telinga

Jika debit kotoran telinga berlebihan dan warna lebih gelap, ini bisa menunjukkantubuh Anda telah mengalami masa-masa sulit. Itulah tandanga Anda harus meluangkan beberapa hari di lingkungan yang tenang dan damai.

4. Warna hitam

Jika itu terjadi hanya sekali, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika telinga Anda gatal, dan rasa gatal menjadi lebih hebat, maka Anda harus mengunjungi dokter karena warna hitam dari kotoran telinga menandakan infeksi jamur.

5. Warna putih

Warna putih dari kotoran telinga Anda dapat menandakan kekurangan vitamin dan zat mikro di dalam tubuh Anda, khususnya besi dan tembaga. Apabila seperti ini, sebaiknya menambahkan kacang dan oatmeal ke dalam makanan Anda. Tidak akan buruk juga jika mengkonsumsi vitamin juga.

3 dari 3 halaman

6. Kotoran telinga berbau tak sedap

Jangan Mengorek Telinga Sembarangan!
Perbesar
Ilustrasi kotoran telinga

Jika ada bau tak sedap yang kuat dari kotoran telinga Anda, itu bisa menandakan adanya infeksi di telinga tengah Anda. Terlepas dari baunya, Anda mungkin juga mendengar suara bising atau merasakan telinga Anda berdengung sepanjanh waktu. Jika Anda memiliki gejala ini, ada baiknya mengunjungi dokter THT.

7. Kotoran telinga cair

Jika kotoran telinga Anda telah berubah baru-baru ini secara konsisten, ini bisa menunjukkan dimulianya proses peradangan. Jika demikian, ada baiknya membuat janji dengan seorang spesialis.

8. Kotoran telinga kering

Kotoran telinga yang kerinh menunjukkan kurangnya lemak atau tanpa lemak di dalam tubuh Anda. Selain itu, alasannya bisa jadi dermatitis dan penyakit kulit lainnya, yang bisa membuat kulit Anda kering.

Lanjutkan Membaca ↓